•   Kamis, 20 Februari 2020
Fashion

Cara Mudah Mewarnai Rambut Sendiri

( words)
Ilustrasi Mewarnai Rambut


SURABAYAPAGI.com - Mewarnai rambut kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, kadang melihat warna rambut yang dapat berganti-ganti menjadi candu tersendiri bagi penggemarnya. Biasanya, untuk mewarnai rambut, kebanyakan orang akan memilih untuk pergi ke salon. Sebenarnya, proses pewarnaan rambut dapat Anda lakukan di rumah lho! Anda dapat melakukannya sendiri ataupun meminta bantuan kepada teman.
Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika akan mewarnai rambut di rumah.

1. Cucilah rambut Anda dua hari atau sehari sebelum melakukan pewarnaan
Hal ini ditujukan agar cat yang Anda gunakan, warnanya lebih menyatu dengan rambut asli ketika proses pewarnaan dilakukan. Mencuci rambut sehari sebelum proses pewarnaan juga membuat warna rambut baru akan lebih bertahan lama. Tapi perlu diingat, untuk hasil yang maksimal, jangan gunakan kondisioner saat mencuci rambut sebelum di warnai.
2. Pilih warna yang Anda sukai
Usahakan ketika ingin mewarnai rambut, Anda benar-benar memilih warna yang diinginkan. Anda dapat memilih warna yang lebih terang atau lebih gelap dari warna asli rambut asli. Jangan lupa untuk memperhatikan sifat pewarna rambut yang Anda beli, jika Anda berpikir akan sering mengganti warna rambut, maka gunakanlah pewarna yang dapat hilang dalam beberapa minggu, karena apabila Anda memilih pewarna yang bersifat semi permanen atau permanen, hal itu akan membuat rambut Anda sulit untuk menyerap warna baru ketika dilakukan pewarnaan ulang.
3. Sediakan dua kotak pewarna rambut
Hal ini sebenarnya opsional saja, apabila Anda memiliki rambut panjang dan tebal. Biasanya pada kemasan pewarna rambut akan dicantumkan berapa panjang rambut yang dapat diwarnai dengan 1 kotak produk pewarna.
4. Lakukan tes pada rambut dan kulit
Tes kulit dilakukan untuk menguji, apakah Anda memiliki alergi terhadap produk pewarna rambut atau tidak. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan proses selanjutnya, yaitu tes pada rambut yang ditujukan agar kita dapat mengetahui apakah rambut Anda akan mengeluarkan warna seperti yang Anda harapkan. Tapi jika Anda merasakan panas atau kulit Anda menunjukkan reaksi kemerahan saat tes kulit, sebaiknya Anda menunda proses pewarnaan rambut untuk melihat reaksi lanjutan.
5. Lindungi baju dan lingkungan sekitar Anda
Selama proses pewarnaan, produk pewarna rambut pasti akan menyebar kemana-mana. Lebih baik Anda gunakan kaos bekas atau kaos yang sudah tak terpakai untuk melindungi badan Anda dari produk tersebut. Tutupi juga tempat yang menurut Anda nanti akan terkena cipratan, Anda dapat menutupnya dengan kain ataupun plastik.
6. Sisir rambut Anda
Hal ini berguna untuk mempermudah proses pengecatan dan menghindari adanya rambut yang menyatu sama lain.
7. Lindungi bagian, telinga dan leher Anda dengan Vaseline atau lipbalm
Ini bertujuan untuk menjaga daerah tersebut tetap terlindung dan mudah dibersihkan ketika terkena pewarna rambut.
8. Bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian
Mewarnai rambut secara langsung akan memboroskan produk dan membuat warna menjadi tidak rata. Baiknya, bagi rambut menjadi empat bagian, jadi Anda dapat melakukan pewarnaan secara bertahap.
9. Campurkan bahan pewarna
Biasanya dalam satu kotak produk pewarna rambut tersedia pewarna, developer, kondisioner, dan sarung tangan. Jika di dalam kotak tidak disediakan mangkuk untuk mencampur, gunakan mangkuk plastik ataupun kaca untuk mencampurnya. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan melindungi tangan ya.
10. Aplikasikan produk pewarna mulai dari akar rambut
Hal ini dikarenakan akar rambut memerlukan waktu yang lama untuk berubah warna. Setelah mengaplikasikan ke akra, barulah mulai mengaplikasikannya ke batang sampai ujung rambut.
11. Tunggu 20 sampai 30 menit
Setelah Anda selesai mewarnai seluruh bagian rambut, tutup kepala Anda dengan shower cap. Hal ini akan membuat proses oksidasi selama proses pewarnaan menjadi lebih maksimal. Kemudian tunggu sampai 30 menit, tidak boleh lebih! Karena hal tersebut akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan cepat rusak.
12. Bilas rambut Anda dengan bersih
Ini merupakan proses penting, karena jika Anda tidak membilas rambut sampai benar-benar bersih produk pewarna akan mengendap dan merusak rambut dan kulit kepala. (oz/cr)

Berita Populer