•   Rabu, 18 September 2019
Traveling

Cara Nyaman Berpergian di Bulan Ramadhan

( words)


SURABAYAPAGI.com - Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan suci tersebut merupakan waktu yang ditunggu oleh umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Namun, bila kita ingin tetap ber pergian ataupun ingin rehat sejenak dari rutinitas yang ada selama bulan Ramadhan, tak ada salahnya untuk tetap melakukan. Meskipun memberi tantangan yang berbeda, berpergian pada bulan Ramadhan memberi dampak positif bagi kehidupan kita. Karena bisa membuat kita tidak jenuh dan bosan karena biasamnya gidaan berpuasa adalah waktunya terasa lebih lama. Lantas agar kita dapat melakukan perjalanan secara nyaman pada bulan puasa, berikut ini cara mudah agar badan tidak lelah.

Sahur dengan Asupan Bergizi
Sering terjadi ketika awal bulan Ramadhan menu sahur begitu lengkap. Namun makin lama ternyata makin berkurang dan tidak menutup kemungkinan saat menjelang berakhir, kita disuguhi menu makan sahur seadannya. Akibatnya, tubuh bisa merasa lemas saat melakukan aktifitas di siang hari atau bepergian dengan jarak yang jauh. Apabila ingin tetap fit, saat sahur minum multivitamin atau bisa membeli susu dan kurma di toko swalayan terdekat serta memilih makanan yang berprotein tinggi dan mengandung karbohidrat seimbang.

Bikin Jadwal Perjalanan
Membuat rencana perjalanan yang baik akan memudahkan kita dalam bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Misalnya, menetapkan daerah mana saja yang searah dan hendak dituju dalam sehari. Tentunya, rencana tersebut bersifat fleksibel, masih bisa berubah jika memang kita sudah terlalu lelah atau waktunya tidak memungkinkan.

Agar tidak mengalami kendala tiket transportasi naik atau habis yang biasanya ramai menjelang Ramadhan dan Lebaran, sebaiknya kita mencari tiket perjalanan dari sekarang atau jauh-jauh hari. Tiket pesawat, tiket kereta, hingga tiket bus kini bisa didapatkan secara online di agen travel dan lain sebagainya. Oleh karena itu jangan sampai pulsa habis atau kuota internet di ponsel kosong saat membeli tiket. Sekarang pun untuk membeli kuota bisa dilakukan aplikasi travel seperti paket internet Telkomsel dari Traveloka. Dengan melakukan persiapan ini, perjalanan di bulan Ramadhan pun berjalan dengan nyaman.

Mengurangi Aktifitas di Luar Ruangan
Cuaca panas terik disertai faktor kelembaban yang tinggi terutama di siang hari akan mempengaruhi ketahanan fisik secara berlebihan dan ini akan membuat kondisi fit tubuh turun. Sebaiknya kita selalu sempatkan untuk menghindari terlalu banyak beraktifitas di luar ruangan dan beristirahat sejenak bila merasa mulai lelah dan melanjutkan perjalanan bila kondisi memungkinkan. Anda pastinya tak mau

Selalu Membawa Perlengkapan Ibadah
Dalam perjalanan kitasering dalam keadaan tidak selalu mendapatkan masjid atau musholla di daerah yang dituju. Maka selalu bawa perlengkapan ibadah saat melakukan perjalanan ke daerah. Begitu waktu ibadah telah tiba, kita bisa melakukannya di mana saja dan tidak harus di dalam tempat ibadah.

Menghabiskan Waktu Sore di Lokasi yang Dituju
Waktu yang tepat untuk berada di luar ruangan saat puasa yakni sore hari. Saat berpergian di daerah lain, bisa datangi beberapa lokasi keramaian semisal alun-alun atau jalan besarnya. Saat ngabuburit tiba, akan ada banyak kawasan kuliner yang berada di pinggir jalan untuk menjual takjil. Ketika waktu maghrib tiba, kita pun bisa segera berbuka. rko/**

Berita Populer