Cegah Kerumunan, Polres Gresik Launching Aplikasi Samsat Rame

Launching Aplikasi ‘Samsat Ramah Merakyat’ atau Samsat Rame.

SURABAYAPAGI.COM, Gresik – Guna menghindari kerumunan sekaligus mengcegah penyebaran virus corona (covid-19), Satlantas Polres Gresik melaunching aplikasi ‘Samsat Ramah Merakyat’ atau Samsat Rame.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan diluncurkannya aplikasi ini sebagai salah satu upaya optimalisasi layanan untuk mencegah penyebaran covid-19. Tak hanya membayar pajak, aplikasi ini juga melayani cek fisik kendaraan bermotor tanpa harus datang ke kantor langsung.

"Salah satu upaya Polres Gresik dalam memutus laju penyebaran virus Covid-19 adalah dengan melakukan optimalisasi pelayanan publik di kantor bersama Samsat Gresik," ujar Erika, Selasa (14/7/2020).

"Melalui aplikasi ini, masyarakat Kabupaten Gresik diberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan dan cek fisik kendaraan bermotor di rumah saja, tanpa harus pergi ke kantor Samsat," lanjutnya.

Masih menurut Erika, aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur seperti video tutorial dan layanan lokasi jadwal samsat keliling.

Menurut Erika, dalam aplikasi Samsat Rame ini, ada dua layanan unggulan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dua layanan itu yakni pembayaran pajak kendaraan tahunan dan penggesekan cek fisik ke rumah wajib pajak.

"Dua layanan unggulan yang terdapat pada aplikasi Samsat Rame, yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan melalui home service. Dan kedua penggesekan cek fisik ke rumah Wajib Pajak melalui home service," jelas Erika.

Dikatakan Erika, inovasi yang diluncurkan merupakan bagian penyikapan dinamika masyarakat di tengah pandemi Corona. Khususnya dalam bidang teknologi.

"Adanya inovasi ini Polres Gresik telah berupaya secara maksimal untuk turut berperan aktif memerangi covid-19 melalui bidang pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

"Di samping itu, Polres Gresik juga turut berjuang dalam menyikapi dinamika masyarakat saat ini dengan menuangkan ide-ide kreatif pada bidang Teknologi," pungkas Erika.

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, dirinya selalu menekankan agar semua jajarannya selalu melakukan inovasi. Sebab, kalau tidak bakal mati apalagi dunia terus berubah dan banyak tantangan.

“Kita harus siap menyambutnya. Inovasi ini adalah salah satu cara menjawab perkembangan zaman. Kalau pakai cara kovensial kita tidak bisa bergerak lagi. Sebab, aktivitas masyarakat juga tidak kalah penting,” ujarnya.

Alumni Akpol 2000 itu juga menyatakan aplikasi Samsat Rame ini juga untuk menghindari penumpukan atau kerumunan massa di samsat ditengah pandemi covid-19.

“Masyarakat harus memanfaatkan aplikasi itu. Jangan sampai berhenti di ceremonial saja,” katanya.