•   Senin, 16 Desember 2019
Ramadhan

Cek Kesediaan Pangan, Kapolres Kediri Sidak Pasar Tradisional

( words)
Kapolres Kediri, AKBP Roni Faisal saat melakukan sidak di pasar tradisional


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal S.I.K bersama Tim Satgas Pangan Pemkab Kediri melakukan sidak di beberapa pasar tradisional, Rabu (22/5/2019). Sidak tersebut dilakukan untuk mengecek harga pasar dan kesediaan bahan baku pangan menjelang hari raya idul fitri. Dari berbagai komoditas, beberapa harga diketahui mengalami kenaikan.
Sidak dilakukan di Pasar Pamenang, Kecamatan Pare. Tim gabungan langsung mengecek setiap komoditas yang menjadi sasaran utama. Komoditas tersebut diantaranya daging sapi, daging ayam, beras, telur ayam, bawang merah dan cabai.
"Sidak ini kita lakukan untuk melakukan pengecekan pengontrolan stok pangan dan harga di pasaran," ungkap AKBP Roni.
Dalam sidak tersebut diketahui harga ayam dalam minggu ini paling mengalami perubahan. Harga terus mengalami kenaikan dan penurunan setiap harinya. Pada saat sidak, harga ayam potong mencapai Rp 30.000 perkilogram. Sementara harga daging sapi tetap stabil di harga Rp 100.000 per kilogram.
Tutik Purwaningsing, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kediri menaikan harga daging ayam ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya harga pakan ternak. Kenaikan harga pakan ternak membuat para peternak ayam menaikan harga jualnya untuk menutupi kebutuhan. Mereka juga harus terpaksa menurunkan harga ketika jumlah permintaan menurun.
"Permintaan pembeli ini juga sangat mempengeruhi harga jual. Ketika permintaan menurun sementara stok berlimpah, mereka akan menurunkan harga jual agar stok terjual," ungkap Tutik.
Tim Satgas Panganpun juga melakukan pengecekan di Pasar Induk Pare. Petugas memantau kesediaan stok dan harga sayuran, cabai dan bawang. Dalam satu pekan ini harga cabai dan bawang merah masih stabil. Begitu juga dengan harga sayuran seperti tomat, wortel dan kentang.
"Kesediaan stok masih aman sampai hari raya Idul Fitri. Untuk harga kebutuhan sedikit mengalami naik turun seperti harga daging ayam dan bawang merah, sementara telur masih naik turun. Kemarin sempat turun namun tadi naik lagi," ungkap Tutik. Can

Berita Populer