China Dukung Penyelidikan WHO, Janjikan Rp 29 T Untuk Perangi Corona

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 19 Mei 2020 13:31 WIB

China Dukung Penyelidikan WHO, Janjikan Rp 29 T Untuk Perangi Corona

i

Presiden China, Xi Jinping. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Beijing - Presiden China, Xi Jinping, menyatakan dukungan untuk pengkajian komprehensif terhadap respons global atas pandemi virus Corona (COVID-19) yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Presiden Xi juga menjanjikan dukungan finansial US$ 2 miliar (Rp 29,6 triliun) untuk penanganan virus Corona.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (19/5/2020), Presiden Xi menyampaikan komentar itu saat berpidato secara virtual dalam Sidang Kesehatan Dunia (WHA) pada awal pekan ini.

Baca Juga: WHO Selidiki COVID Varian 'Eris', Picu Kematian Secara Tiba-Tiba?

Komentar itu disampaikan saat resolusi yang didorong oleh Uni Eropa dan Australia menyerukan pengkajian soal asal dan penyebaran virus Corona, mendapat dukungan internasional. Sejauh ini, pandemi Corona telah menewaskan lebih dari 318 ribu orang secara global.

Xi Jinping juga menyatakan, dia mendukung adanya rencana untuk menyelidiki respons global terhadap virus corona yang mewabah sejak akhir Desember 2019.

Namun, presiden berusia 66 tahun itu menegaskan dia ingin agar investigasi itu baru dilakukan setelah virus bisa dikendalikan.

"China mendukung evaluasi komprehensif respons global terhadap wabah setelah mampu tertangani, untuk mengumpulkan pengalaman dan memperbaiki kekurangan," jelasnya.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

Dalam pidatonya, Presiden Xi kembali menegaskan pembelaan yang disampaikan China ketika wabah virus Corona muncul di negara itu. Ditegaskan Presiden Xi bahwa China terbuka dan transparan dan telah bertindak cepat untuk membagikan informasi soal virus Corona.

Tidak hanya itu, Presiden Xi juga menjanjikan US$ 2 miliar sebagai dukungan finansial selama dua tahun ke depan, untuk membantu penanganan pandemi Corona, khususnya untuk membantu negara berkembang.

Presiden Xi Jinping dalam pertemuan virtual itu juga menyatakan, dia akan membuat vaksin Covid-19 sebagai "barang yang bisa dinikmati dunia" begitu ditemukan.

Baca Juga: Bupati Ikfina Harap Pelayanan Kesehatan Di Bumi Majapahit Terus Meningkat

Sejauh ini, Negeri "Panda" dilaporkan sudah mempunyai lima kandidat vaksin virus corona yang saat ini berada dalam fase uji coba klinis. "Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan, vaksin ini akan siap digunakan dan segera dinikmati oleh dunia," papar Xi.

Dia menerangkan, langkah itu akan menjadi bukti bahwa mereka berkontribusi dalam memberikan akses pengobatan atas virus bernama resmi SARS-Cov-2 itu. Dalam keterangan pakar, dibutuhkan waktu 12 hingga 18 bulan, bahkan bisa saja lebih lama, untuk menciptakan vaksin yang efektif.

Lebih lanjut, Beijing juga akan berkoordinasi dengan PBB untuk menciptakan jaringan kemanusiaan global, di mana mereka bisa menyalurkan bantuan ke seluruh dunia. (dc/kmp/cr-02/dsy)


Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU