•   Jumat, 15 November 2019
Bisnis Mikro

Ciptakan Kebaya Bermotif Kerang

( words)
Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya merancang busana kebaya dari limbah kulit kerang di Kampus UM Jl. Sutorejo, Surabaya (11/7). Produk tersebut didanai oleh Kemenristekdikti. Selain kebaya, mahasiswa UM juga berinovasi dengan membuat tas dengan bahan dasar karung goni. Sp/Arlana


SURABAYAPAGI, Surabaya - Banyaknya limbah kerang yang terbuang sia-sia dan menjadi limbah. Sekelompok Mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Surabaya membuat produk fashion wanita dengan mengombinasi kerang-kerang laut.

Razifa Syifqi bersama Umi Hatanti, Dharul Jannah dan Aulia, Mahasiswi semester empat PGPAUD membuat trobosan baru di dunia industri fashion. Mereka menggunakan kerang sebagai manik-manik hiasan di kebaya yang mereka rancang sendiri.

"Kami menamai produk kami "Klik2" yakni kebaya limbah kerang kekinian. Karena di daerah tempat tinggal saya memang banyak sekali kerang. Timbullah inovasi untuk diaplikasikan ke baju, dan kami memilih kebaya karena merupakan baju tradisional," ucap Razifah.

Memiliki slogan Modern, Unique, Casual, kebaya yang mereka ciptakan mengikuti trend fashion sekarang, mulai dari model hingga pemilihan warna yang disukasi oleh kaum anak muda. Kerang-kerang yang mereka cari untuk diaplikasikan di baju, harus melewati beberapa tahap.

"Kebanyakan orang beranggapan kalo kerang kotor dan bau, namun kita membuktikan bahwa kerang-kerang ini dapat menjadi sebuah motif yang cantik di sebuah baju. Terlebih kita ingin sekali mengembalikan eksistensi kebaya dan mengajak masyarakat mencintai produk dalam negeri," imbuhnya. iker

Berita Populer