•   Sabtu, 14 Desember 2019
Kesehatan

Ciptakan Produk Unggulan Dari Tanaman Toga

( words)
(Dari kiri ke kanan) M. Amin Kurniawan selaku pembina dokcil adiwiyata SDN Medokan Ayu II Surabaya, Nasru Azis selaku Kepala Sekolah SDN Medokan Ayu II dan Tutik Sri Wahyuni bersama siswa dan siswi kelas 5 saat menunjukkan produk unggulan Sibliwuh dan Rosela di SDN Medokan Ayu II Surabaya. Foto : SP/Iker


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -Umumnya para siswa dan siswi diajarkan menanam dan mengenal berbagai tanaman toga di lingkungan sekolah. Tak hanya menanam tanaman toga di sekolah, para siswa dan siswi SDN Medokan Ayu II Surabaya juga diajarkan cara mengolah tanaman toga menjadi minuman yang bermanfaat.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, siswa dan siswi SDN Medokan Ayu II menampilkan hasil produk unggulan mereka yakni teh rosela dan Sibliwuh (Sinom Blimbing Wuluh). Ialah siswa dan siswi kelas 5 dibantu oleh guru pendamping yang mengolah tanaman toga di sekitar sekolah menjadi minuman yang kaya manfaat.

"Mulai dari pembibitan, penanaman hingga menjadi sebuah minuman semuanya melibatkan anak-anak," ungkap Nasru Aziz selaku Kepala Sekola SDN Medokan Ayu II Surabaya.

Dibantu oleh guru pembimbing, para siswa dan siswi kelas 5 SDN Medokan Ayu II mengolah tanaman kunyit, blimbing wuluh dan asam jawa menjadi minuman sinom yang diberi nama sibliwuh.

Mengandung banyak manfaat, minuman ini dapat mengatasi perut kembung, membantu memperbaiki ketahanan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengendalikan kadar gula darah, dan melancarkan saluran pernafasan.

Gathaut Dhipaka Loka, salah satu siswa yang tergabung dalam pembuatan produk unggulan ini menuturkan bagaimaan cara pembuayan teh rosela.

"Roselanya dipetik, kemudian dijemur sehari sampai kering. Cara pembuatan air mendidih dimasukan rosela, lalu diaduk sampai mengeluarkan aroma khas. Dikasih gula 1kg untuk air kurang lebih satu galon, ditunggu sampai gulanya menyatu sama rosela. Setelah itu rosela diangkat disaring lalu didinginkan. Bisa juga diminun langsung atau dikasih es batu," tutur Loka.

Amin Kurniawan selaku pembina dokcil adiwiyata SDN Medokan Ayu II Surabaya menjelaskan dipilihnya tanaman Rosela karena mengandung banyak manfaat sebagai antibakteri, antiseptic dan juga menjadi multivitamin yang menyehatkan mata.iker

Berita Populer