•   Sabtu, 11 April 2020
Bisnis Makro

Cleo Optimis Lampaui Target di Tahun 2019

( words)


SURABAYAPAGI.com - Salah satu produsen air minum kemasan dari PT Sariguna Primatirta Tbk, berkomitmen untuk senantiasa memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumennya. Komitmen ini semakin mantap sejak resmi menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 5 Mei 2017 lalu.
Perusahaan berkesinambungan mengembangkan varian produk CLEO dan produk minuman lainnya yang selalu dihadirkan dalam kualitas tinggi. Inovasi-inovasi ini diproses produksi berstandar intemasional dan jaringan pabrik AMDK terbesar yang terdiri dari 26 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.
Tahun 2018 lalu perseroan berhasil membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 35% dan pertumbuhan laba bersih sebesar 26%. Dengan sistem pengoperasian pabrik baru di Kendari dan Ngoro serta peluncuran produk baru minuman kemasan smart 220 ml.
Sedangkan di Tahun 2019 adalah tahun yang menantang dalam persaingan pasar AMDK yang semakin ketat dengan bermunculannya merk-merk baru.
Namun pada kuartal pertama tahun 2019 ini CLEO berhasil membukukan pertumbuhan kinerja keuangan hingga 37%, jauh melebihi pertumbuhan rata-rata industri AMDK yang hanya mencatatkan pertumbuhan sebesar 4% dalam kuartal yang sama berdasarkan hasil penelitian sebuah lembaga riset intemasional temama.
Pada kuartal pertama ini pula PT Sariguna Prima Tirta Tbk membukukan pertumbuhan laba hingga 101% dibandingkan nilai laba di periode yang sama pada tahun 2018 lalu.
Perluasan jangkauan pasar dengan penambahan jumlah titik distribusi dan armada menjadi kunci peningkatan CLEO di bidang pemasaran. Penerapan teknologi mesin baru dan eflsiensi biaya berhasil menekan biaya operasional namun meningkatkan kapasitas dan tetap menjaga kualitas produk yang dihasilkan.
Dengan hasil pencapaian pada kuartal pertama tersebut PT Sariguna Primatirta Tbk optimis untuk melampaui target laba bersih perusahaan tahun 2019 ini. Untuk memperluas segmen pasamya, pada bulan Januari 2019 PT Sariguna Primatirta Tbk resmi mengakuisisi merk air minum beroksigen SUPEROZ. Perseroan menargetkan jumlah pabrik yang beroperasi sampai dengan akhir tahun 2019 adalah 27 pabrik.
Direktur Operasional PT Sariguna Primatirta Tbk Nio Eko Susilo mengatakan, dengan penambahan lima pabrik tersebut, maka total jumlah pabrik produsen air minum merek Cleo ini sebanyak 27 unit. Kelima pabrik tersebut ditargetkan akhir tahun ini sudah bisa beroperasi.
“Nilai investasi yang kami kucurkan memang cukup besar. Ini karena mesin yang kami beli merupakan mesin canggih. Permintaan pasar Cleo saat ini cukup tinggi. Sehingga kami harus cepat memenuhi permintaan pasar tersebut,” kata dia dalam Public Expose PT Sariguna Primatirta Tbk, Rabu (22/5/2019).
Pertumbuhan yang signifikan dan pencapaian-pencapaian ini memberikan optimisme pada kinerja perseroan di tahun 2019, dengan pertumbuhan kinerja ini pula perusahaan akan memberikan imbal hasil yang terus meningkat bagi seluruh pemegang saham. Komitmen perseroan ini merupakan wujud semakin mantapnya kepercayaan konsumen dan para stakeholder pada produk Air Mumi CLEO, produk yang 100% sepenuhnya dikembangkan dan diproduksi oleh putra-putri Indonesia kebanggaan bangsa.

Berita Populer