•   Senin, 24 Februari 2020
Surabaya

Command Center 112 Raih Penghargaan Layanan Darurat Terbaik

( words)
Layanan tanggap darurat Command Center 112 (CC 112) Surabaya. (Foto: SP/ALQOMAR)


SURABAYAPAGI.com - Layanan tanggap darurat Command Center 112 (CC 112) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendapat penghargaan dari Asosiasi Global Contact Center World dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jum’at, (29/3). Penghargaan itu diberikan karena CC 112 dinilai sebagai program sukses untuk studi kasus call center layanan kedaruratan terbaik. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan penghargaan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai pemimpin terbaik dalam layanan publik pusat kontak.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Contact Center World atas terpilihnya layanan tanggap darurat CC 112 sebagai layanan kedaruratan tercepat. “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Contact Center World, yang memberikan penghargaan kepada kota dan saya pribadi,” kata Risma.
Ia menjelaskan ide awal pembuatan layanan tanggap darurat 112 tersebut, dimulai ketika salah satu warga mengalami kebakaran, namun warga itu mengalami kesulitan untuk meminta bantuan. Karena, pada saat itu nomer Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya terlalu panjang. “Karena itu, saya membuat program yang nomernya mudah diingat (112) untuk menolong warga,” ujarnya.
Seiring berjalannya waktu, lanjut dia, layanan tanggap darurat Command Center 112 terus mengalami perkembangan. Saat ini layanan 112 sudah saling terkoneksi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.
Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga menyebut awalnya durasi fast time layanan 112 sekitar 10 menit. Namun akhirnya, Wali Kota Risma terus menekan agar respon time layanan 112 bisa kurang dari 10 menit dan ketemulah 7 menit. “Saya berharap permasalahan-permasalahan warga Surabaya, melalui CC 112 ini bisa menjadi telinga, mata dan mulut warga Kota Surabaya,” tuturnya.Alq

Berita Populer