•   Selasa, 22 Oktober 2019
Kriminal

Copet Spesialis Pengunjung Taman, Diringkus

( words)
Firdaus, sang copet saat diamankan di Mapolsek Tambaksari. Foto : SP/BAKRIE


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tim Anti Bandit Polsek Tambaksari berhasil meringkus seorang copet yang biasa beraksi di Taman Mundu, Tambaksari Surabaya. Copet spesialis pengunjung taman itu bernama M Firdaus (44) warga Kebraon II Surabaya. Dia diringkus sesaat setelah menyopet handphone (HP) milik seorang mahasiswi, bernama Aisyah Fitra.
Dikonfirmasi, Kapolsek Tambaksari, Kompol Prayitno menuturkan jika pelaku ini sering kali menyasar pengunjung taman. Pelaku mencopet dengan cara membaur bersama pengunjung lainnya. Setelah ada pengunjung taman yang lengah dengan barang berharganya, pelaku langsung beraksi.
Saat mendapat sasaran empuk, pelaku membuntuti korban dari belakang. Setelah mendekati korban, tanpa sepengetahuan korban, pelaku membuka resleting tas korban dan mengambil HP tab merek Samsung milik korban. "Dengan cepat, pelaku memasukkan HP yang dicopetnya tadi ke dalam tas yang dibawanya," sebut Kompol Prayitno, Kamis (1/2/2018).
Setelah berhasil, pelaku langsung ngacir menjauhi korbannya. Namun kali ini, Tim Anti Bandit (TAB) Polsek Tambaksari yang juga menyamar sebagai pengunjung taman, mencium gelagat pelaku. Setelah curiga, TAB Polsek Tambaksari langsung menghadang dan mengamankan pelaku. Kendati awalnya tidak mengaku, setelah digeledah tasnya, pelaku akhirnya tidak berkutik.
"Pelarian pelaku hanya sejauh 50 meter dari korban. Sebab pelaku langsung diamankan anggota kami," beber Kompol Prayitno.
Saat ini, pelaku sudah dijebloskan ke dalam penjara Mapolsek Tambaksari. Kendati pelaku mengaku baru sekali itu mencopet, namun penyidik menduga bahwa pelaku adalah pemain lama. Sehingga hingga saat ini, penyidik masih melakukan pengembangan kasus tersebut, untuk membongkar track record sang pelaku.
Atas perbuatannya, oleh penyidik pelaku di jerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian biasa. Dengan jeratan pasal itu, pelaku terancam hukuman badan 5 tahun. bkr

Berita Populer