•   Rabu, 1 April 2020
Ekonomi China

Corona Punya Dampak Positif Dalam Bisnis

( words)
Jack Ma


SURABAYAPAGI.COM, Hanzhou - Jack Ma berusaha melihat sisi terang dari wabah virus corona, terutama bagi entrepreneur. Ia berpesan bahwa wabah itu malah menghadirkan peluang.

Di saat seperti ini, pebisnis menurut Ma bisa memanfaatkan waktu untuk melengkapi diri dan mempersiapkan pertumbuhan perusahaan ketika nanti wabah sudah mereda.

Ma yang pensiun dari Alibaba tahun silam, membicarakan hal itu saat memberi kuliah terbuka di Hupan College di Hanzhou. Universitas itu ia dirikan bersama beberapa koleganya.

"Lakukan refleksi tentang apa yang kalian inginkan, apa yang kalian punya, apa yang perlu dikorbankan atau dipertahankan," cetusnya, dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Alibaba sendiri pernah berada di masa itu, pada tahun 2003 ketika wabah SARS menghebohkan China. Kala itu, mereka meluncurkan toko online Taobao yang kemudian berkembang pesat karena kemudahan berbelanja via internet.

Ma juga mengharapkan produksi barang tetap dapat berjalan. "Dalam kondisi keamanan dan pencegahan corona telah dapat dipastikan, perusahaan yang disetujui pemerintah harus memulihkan produksi," katanya.

Jack Ma telah mendonasikan 100 juta yuan atau sekitar Rp 190 miliar melalui yayasannya untuk membantu para ilmuwan mengembangkan dan menemukan vaksin virus corona yang saat ini telah mengguncang beberapa dunia.ik

Berita Populer