Covid-19 Pengaruhi Turunnya Tingkat HIV/AIDS di Kota Kediri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Nov 2020 12:17 WIB

Covid-19 Pengaruhi Turunnya Tingkat HIV/AIDS di Kota Kediri

i

Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, Hendik Suprianto. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Musim pandemi Covid-19 justru membuat angka penderita HIV/AIDS di Kota Kediri, Jawa Timur di tahun 2020 ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Angka tersebut mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 243 kasus, Kamis (19/11/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, Hendik Suprianto mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun mulai dari Januari hingga Juli 2020, pihaknya menemukan 93 kasus HIV/AIDS.

Baca Juga: Aksi Demo di Kejaksaan Kediri Ricuh

Akan tetapi, Hendik justru menyebut jika penurunan angka itu sebenarnya dipengaruhi menurunnya kinerja di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Dinas Perkim Kota Kediri Target Wujudkan Hunian Layak Bagi Warga

"Karena dibatasinya kinerja seperti tidak boleh membuat kegiatan yang bersifat berkerumun hingga tidak berjalannya (vakum) Program VCT (voluntary counselling and testing) mobile atau konseling dan tes HIV gratis dari Dinas Kesehatan Kota Kediri membuat angka penemuan menjadi berkurang," kata Hendik.

Lebih lanjut, Hendik membeberkan jika pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dalam memerangi keberadaan HIV AIDS. Ia pun mendukung penuh terhadap program yamg tengah digalakkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dalam pencanangan 3 Zero sebagai upaya menekan kasus HIV dan AIDS di Kota Kediri.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kediri Naik

“Sesuai target Kemenkes kita mendukung pencanangan 3 Zero, yaitu Zero New Infection atau tidak ada infeksi baru HIV AIDS, Zero AIDS Related Deaths atau tidak ada kematian akibat AIDS dan Zero Discrimination atau tidak ada stigma dan diskriminasi kepada penderita HIV-AIDS. Sesuai target, di tahun 2030 Kota Kediri dapat terbebas dari penyebaran virus HIV AIDS atau 3 Zero,” sebutnya. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU