Curah Hujan Tinggi, Sumenep Terendam Banjir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Jan 2021 21:31 WIB

Curah Hujan Tinggi, Sumenep Terendam Banjir

i

Foto : Faisal warga asal Desa Rombiya -Barat saat tidak bisa melintas di Jln Jendral sudirman di depan rumah warga. SP/Ainur Rahman.

SURABAYA PAGI, Sumenep - Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Sumenep mengalami kebanjiran di sejumlah titik di pusat Kota/Kabupaten Sumenep, di sepanjang jalan Dr. Cipto sampai di depan kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep, ketinggian air sampai 5 -10 cm  

Bahkan, di ruas-ruas kota dan di Jalan Jenderal Sudirman depan Rumah Dinas Bupati Sumenep, air masuk ke rumah warga dengan ketinggian kurang lebih 5 cm” ungkap Faisal warga asal Desa Rombiya Barat kepada Surabaya pagi saat melintasi ruas jalan di seputaran Kota Sumenep, Rabu (6/1).

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

"Hujan dua hari ini di Kota Sumenep boleh terbilang cukup besar dan lama, akibatnya banyak warga yang resah akibat curah hujan yang tinggi, selain itu juga jalanan di ruas kota dipenuhi air hujan yang lebat dengan ketinggian kurang lebih 5 cm dari jalan" ungkapnya 

Selain itu sambungnya, pemerintah Kabupaten Sumenep melalui PU. Ciptakarya untuk memikirkan bagaimana pembuatan Drainase pembuangan saluran air, melalui perencanaan yang matang dan ini juga menjadi tugas Bappeda Kabupaten Sumenep.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

"Artinya, PU. Sumber Daya Air, PU. Ciptakarya, harus berpikir aktif dalam mengatasi persoalan saluran air, jangan sampai salah perencanaan biar tidak menyengsarakan pengguna jalan, khususnya di saat musim penghujan seperti saat ini"” tegasnya.

Bahkan lanjut Faisal, semestinya pemerintah Kabupaten Sumenep khususnya PU. Ciptakarya merasa malu, sebab di halaman kantornya saja, terkenang air hujan. “Malah pengendara roda dua tidak bisa melintas akibat linangan air yang begitu tinggi.” kilahnya.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

Dan di saat sekarang ini di musim pandemi covid 19 pemerintah jangan hanya fokus kepada wabah yang mematikan itu, tetapi juga memikirkan nasib masyarakat yang butuh perlindungan, sebab banyak masyarakat yang mengeluh akibat dampak dari corona tersebut.

"Ini menjadi atensi baru bagi kepemimpinan Achmad Fauzi dan Nyai Eva sebagai bupati terpilih untuk 2021-2025 sekalipun belum dilantik secara resmi namun setidaknya sudah menjadi bahan perencanaan bagaimana mengatasi kebanjiran di sepanjang ruas jalan kota tersebut” pungkasnya. Ar

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU