•   Minggu, 15 Desember 2019
Kesehatan

Daftar Makanan Pemicu Asam Urat

( words)
Makanan Penyebab Asam Urat


SURABAYAPAGI.com - Sebelum pada pembahasan terkait pantangan asam urat yang harus dihindari, alangkah baiknya jika anda mengetahui penyakit asam urat ini. Asam urat banyak di derita oleh orang yang telah berusia lanjut ini tentunya mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Bahkan sebagian besar orang yang mengidap asam urat juga memiliki gangguan terhadap kesehatan lain.
Asam urat dihasilkan dari proses metabolisme tubuh, dimana proses ini menghasilkan zat purin. Dengan begitu, kadar purin berlebih tentunya zat tersebut akan menumpuk di dalam ginjal sehingga ginjal tidak berfungsi dengan baik.
Selain itu kadar zat purin yang berlebih di dalam tubuh bisa menyebar lewat peredaran darah dan masuk pada persendian serta mengakibatkan peradangan pada sendi. Hal inilah yang terjadi dimana pengidap asam urat mengalami rasa nyeri dan juga kaku pada persendian.
Pantangan Asam Urat Yang Benar-benar Harus Dihindari Seperti halnya pengidap kolesterol yang disebabkan oleh makanan, begitu juga orang yang menderita penyakit asam urat. Penderita asam urat tentunya harus menghindari pantangan yang sesungguhnya dihindari oleh penderita asam urat.
Dan beberapa pantangan dibawah ini dikhususkan untuk anda yang mengidap asam urat dengan kadar zat purin tinggi meliputi:
Seafood
Makanan pertama yang harus benar-benar dihindari penderita asam urat adalah makanan laut. Jenis makanan laut yang mengandung zat purin diantaranya:
Ikan sardenUdangLobsterIkan kakapCumiKepiting dan banyak lagi Ikan Asin
Selain seafood, makanan pantangan yang berpotensi meningkatkan kadar purin di dalam tubuh adalah ikan yang di asinkan. Hal ini dikarenakan kandungan garam pada ikan asin akan meningkat dengan cepat.
Kerang
Baik kerang laut maupun kerang selokan dan lainnya pasalnya memiliki kandungan zat purin yang sangat banyak.
Makanan Olahan Kacang Kedelai
Apapun jenis makanannya yang berasal dari bahan dasar kacang kedelai disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Daging Berlemak
Selain makanan laut, ternyata daging dengan lemak pula wajib dihindari oleh pengidap asam urat. Selain menyebabkan asam urat pula akan mengakibatkan terjadinya kelebihan kadar kolesterol di dalam darah.
Biji Melinjo dan Kacang Tanah
Pada dasarnya kadar pada biji melinjo tentunya sama dengan kandungan purin yang ada di dalam kacang tanah. Sehingga jauh lebih baik jika anda membatasi asupan kacang tanah dan hindari juga makanan olahan yang berbahan utama dari melinjo.
Bayam dan Kangkung
Pantangan asam urat selanjutnya adalah bayam dan juga kangkung. Sebagian besar orang dengan kadar purin di dalam tubuh normal, pastinya mempunyai gizi serta nutrisi yang cukup. Namun, pada pengidap asam urat kedua jenis daun ini harus benar-benar dihindari.
Jeroan
Jeroan dari hewan sebisa mungkin jangan dikonsumsi. Beberapa jenis jeroan dengan kandungan zat purin yang harus anda hindari diantaranya:
Jantung kambingGinjal sapiLimpa kambingHati sapiJantung sapiHati ayamParu sapiLidah sapi dan masih banyak lagi Memang pasalnya pemilihan makanan bagi penderita asam urat perlu dilakukan dengan baik. Sebab semua jenis makanan yang dilarang harus dilakukan sehingga dapat mengurangi resiko serangan asam urat.
Tapi, menghindari jenis pantangan makanan saja tidak akan cukup untuk menyembuhkan asam urat. Maka pengobatan asam urat sangat perlu dilakukan sebelum komplikasi picu tubuh anda.

Berita Populer