Dalam Rangka HUT ke-75 TNI, Pangkoarmada II Ziarah di Makam Gus Dur

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto bersama rombongan saat doa bersama di makam mantan Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid. SP/M. Yusuf

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Panglima Komando Armada II melakukan ziarah ke makam mantan Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebuireng, Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dalam ziarah tersebut juga turut hadir Komandan Pusat Penerbang TNI AL (Danpuspenerbal), Kepala Staf Garnisun Tetap III Surabaya (Kasgartap III Surabaya), Danlanud Muljono TNI AU Surabaya.

Kepala Staf Divisi Infantri (Kasdiv) II Kostrad Malang, Danlantamal V diwakili Asop Danlantamal V Surabaya, Kadispen Armada II, Bupati Jombang, Dandim 0814, Kapolres Jombang.

Sebelum melakukan ziarah ke makam, terlebih dahulu dilaksanakan upacara ziarah di halaman sekitar komplek makam Tebuireng yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mengatakan, bahwa ziarah ke salah satu Tokoh Nasional dan Mantan Presiden RI ke-4, KH Abdurahman Wahid ini dalam rangkaian acara menjelang HUT ke-75 TNI.

"Sehingga kita melaksanakan ziarah ini semoga prajurit-prajurit TNI yang sekarang ini mengabdi, bisa mengenang jasa-jasa beliau dan juga melanjutkan apa yang beliau cita-cita kan, beliau rintis dan perjuangkan," katanya, kepada jurnalis, Rabu (23/9/2020).

Sehingga, tegas Heru, bahwa prajurit TNI yang akan memperingati HUT ke-75, bisa mengabdikan diri lebih baik, lebih optimal demi bangsa dan Negara yang dicintai ini.

"Ziarah ni dilaksanakan serentak. Selain di Jombang, juga di Blitar, Jogja dan Solo. Dan semua pelaksanaannya berjalan aman dan lancar," tegasnya.

Pangkoarmada II mengungkapkan, bahwa ziarah di Jombang pihaknya didukung oleh semua pihak. Dari Kabupaten Jombang, bupati juga hadir, Kapolres.

"Dan dari Ponpes Tebuireng juga mendukung kami. Terimakasih, sehingga ziarah pagi ini bisa terlaksana baik, khidmad dan lancar," pungkasnya. suf