Dampak Buruk Konsumsi Kopi Berlebihan

SURABAYAPAGI.COM, - Kopi memang ampuh meningkatkan suasana hati. Namun, kebanyakan minum kopi juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan, genetik berpengaruh terhadap tingkat toleransi tubuh terhadap efek samping kopi. Beberapa orang bisa mengonsumsi kopi sebanyak mungkin tanpa mengalami efek samping, beberapa orang lainnya tidak.

Kopi memang memiliki banyak manfaat. Namun, Anda harus tahu batasnya, agar tidak mengalami efek buruk terlalu banyak minum kopi. Apa saja efek kebanyakan minum kopi, yang berbahaya itu?
1. Meningkatkan rasa cemas
Percayakah Anda, jika kebanyakan minum kopi, bisa menimbulkan kecemasan berlebih? Faktanya, sebuah studi membuktikan, efek kebanyakan minum kopi, mampu membuat seseorang merasa cemas dan stres.

2. Insomnia
Kopi mengandung kafein, yang dikenal bisa membuat tubuh berenergi dan tidak mengantuk, walau di malam hari. Tidak heran, efek kebanyakan minum kopi, bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur bernama insomnia. Tidur nyenyak pun, sulit untuk didapatkan.

3. Kerusakan otot
Dalam sebuah kasus, seorang wanita mengonsumsi 1 liter kopi yang mengandung 565 miligram kafein. Hasilnya, ia mengalami mual, muntah-muntah, dan air seninya berubah menjadi hitam. Kondisi ini berpotensi terjadi akibat penyakit rhabdomyolysis.

4. Jantung berdetak cepat
Jantung berdetak sangat cepat, bisa menjadi efek kebanyakan minum kopi. Selain itu, mengonsumsi nikotin (dalam bentuk apapun) dan alkohol, dalam jumlah yang banyak, juga bisa menyebabkan kondisi serupa.