•   Senin, 6 April 2020
SGML

Dampak Psikologis pada Anak Penghuni Rusun Wonocolo, Diredam

( words)
Anak-anak penghuni Rusunawa Wonocolo tampak antusias mengikuti kegiatang yang digelar Kemensos dan Tagana dari Dinsos Jatim. Foto SP/ Arlana


Dihibur dengan Game dan Diberi Santunan

SURABAyaPAGI, Sidoarjo- Rombongan Kemensos (Kementrian Sosial) didukung oleh tim Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur mengunjungi Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, Jumat (18/5/2018). Rusun ini menjadi salah satu tempat yang menjadi sasaran bom para terduga teroris, Minggu (13/5/2018). Di rusun tersebut rombongan memberikan beberapa bantuan kepada para penghuni.

Kemensos dan Tagana memberikan dukungan Psikososial kepada anak-anak penghuni rusun dengan mengadakan game-game seru, guna memperbaiki psikologi anak-anak yang terdampak peristiwa meledaknya bom di rusun tersebut.
Anak-anak yang didampingi langsung oleh ibu mereka tampak antusias dengan kegiatan ini. Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Jawa Timur, Restu Novi Widiyani mengatakan, peristiwa meledaknya bom hari Minggu lalu, berdampak serius pada kurang lebih 90 kepala keluarga beserta anggotanya.
“Sehingga dirasa perlu diadakan suatu kegiatan untuk menghilangkan efek psikologi yang diterima warga rusun. Khususnya anak-anak yang mengalami trauma," ujarn Restu Novi, Jumat (18/5).
Novi berharap, anak-anak dan kaum perempuan tidak ketakutan dan tetap bisa menjalani hidup normal seperti biasa. “Percaya kepada pemerintah dan pihak kepolisisan bahwa Rusun ini sudah terlindungi dan bebas dari ancaman teroris," tutupnya.
Tak hanya itu, beberapa bantuan berupa sembako, makanan ringan dan uang santunan diberikan kepada warga Rusun guna memperingan beban.
Direktur dari Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos RI, Nurul Farijati turut menambahkan, Direktorat Psikologi dan Direktorat Anak dapat bersinergi agar dapat menanggulangi masalah serupa kedepannya.
Di moment Ramadahan kali ini, tim Tagana Rajawali juga turut membantu memeriahkan acara dengan menyiapkan beberapa makanan untuk acara berbuka bersama penghuni rusun.arla

Berita Populer