•   Jumat, 28 Februari 2020
UKM & UMKM

Darbe.id, Bantu UKM Jatim Naik Kelas

( words)
Nanang Sumartono, Direktur PT Darbi Putra Makmur, menjelaskan mengenai darbe.id di Surabaya, Rabu (15/1)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu pilar ekonomi bagi sebuah daerah maupun Negara. Tak hanya itu, keberadaannya mempu membawa pengaruh baik bagi kemajuan perekonomian sebuah Negara. Namun, di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat, mampukah UKM scale up menjadi usaha yang besar dan diakui di kancah internasional. Tentu saja hal itu menjadi mimpi seluruh UKM di Indonesia.

Demi mewujudkan hal itu, PT Darmi Bersaudara membuktikannya, sebagai UKM pertama di Jawa Timur yang berhasil menjadi Perusahan Terbuka. "Untuk itu kami ciptakan Darbe untuk mendukung UKM di Nusantara agar bisa seperti kami," kata Nanang Sumartono, Direktur PT Darbi Putra Makmur, kemarin (15/1/2020).

Nanang menuturkan, perjalanan UKM yang digelutinya berawal di tahun 1998 dari bisnis keluarga di bidang kayu, lalu berhasil menembus ekspor 4 tahun kemudian di pasar Asia dan Eropa, UKM ini terus berinovasi dan berprogres. Tak berhenti disitu, perkembangan berikutnya pada tahun 2008 melakukan diversifikasi usaha dengan menjajaki bisnis di bidang peternakan ayam potong, yang hingga di tahun 2010 melembagakan bisnis ke dalam sebuah PT yaitu PT Darmi Bersaudara.

Progres bisnis ,step by step terus melangkah dengan pasti hingga di tahun 2019, perusahaan ini berhasil melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia untuk PT Darmi Bersaudara Tbk sebagai puncaknya. Atas dasar inilah perusahaan ini merilis pengembangan bisnis baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi(digital platform) untuk UKM-UKM dapat naik kelas (scale up) dengan brand “Darbe.id” dan dapat diakses di halaman portalnya dengan alamatwww.darbe.id.

Nanang berharap, Keberadaan darbe.id mampu membawa angin segar bagi UKM, yang saat ini sering mengalami kesulitan-kesulitan baik dari sisi permodalan maupun tata kelola perusahaan yang baik. Dengan di dukung oleh professional-profesional yang berkompeten di bidangnya dan pengalaman dalam pengembangan bisnis UKM,darbe.id ke depan siap masuk di pasar usaha di industri jasa keuangan berbasis teknologi informasi (financial technology) dan berkontribusi untuk menguatkan UKM di Indonesia. "Saya harap para pengusaha UKM nantinya terbnatu dengan kehadiran kita," tutup Nanang.
(jm)

Berita Populer