•   Minggu, 17 November 2019
Skandal Selebriti

Depresi, Sulli Gantung Diri

( words)


SURABAYAPAGI (Seoul)- Lagi, artis Kpop yang juga mantan personel girlband Korea f(x), Sulli meninggal dunia. Ia ditemukan tak bernyawa di kamar apartemennya. Polisi merilis penyebab kematian pemilik nama asli Choi Jin-ri itu akibat gantung diri.

Beberapa waktu lalu Sulli sempat menyampaikan bila dirinya tak bahagia. Pernyataan itu disampaikannya saat mengisi acara salah satu tayangan televisi lokal. Dalam acara tersebut, ia menyatakan bila hidupnya sebenarnya kosong, sering merasa kesepian dan hampa, serta pura-pura bahagia.

Senada dengan yang dikatakannya, dalam beberapa foto yang diunggah Sulli ke media sosial, ia memang kerap tampil ceria. Hal itu diperkuat dari gaya penampilan dan senyum yang terukir di wajah.

Melansir Koreaboo, Senin (14/10/2019), seorang pejabat kepolisian mengatakan, keputusan ekstrem itu diambil Sulli diduga akibat depresi.

Melalui sebuah pernyataan singkat, agensi artis yang menaungi Sulli, SM Entertainment membenarkan kabar artisnya meninggal dunia. Manajemen mengaku sangat berduka dan masih tak percaya dengan sapa yang terjadi.

"Kami minta maaf karena harus memberi kabar duka. Sulli telah meninggalkan kita semua. Kami tak bisa mempercayai situasi ini, dan kami saat ini masih bersedih," tulis SM.

"Kami berharap publik tak menyebarkan rumor atau artikel spekulatif untuk menghormati keluarga yang tengah berduka. Kami mengucapkan turut berdukacita untuk keluarga yang ditinggalkan," pungkasnya.

Pada Oktober 2018, Sulli sempat berbicara blakblakan tentang depresi yang dialaminya sejak memulai karier di usia kanak-kanak. "Aku rasa, tak banyak orang yang memandangku sebagai anak kecil saat itu. Mereka mengeluarkan kritikan kejam yang sangat menakutkan," ujarnya seperti dikutip dari Allkpop.

Bintang To The Beautiful You tersebut menambahkan, di awal kariernya dia hanya melakukan apa yang diperintahkan orang kepadanya. "Aku melakukan apa yang mereka minta. Sayangnya, aku tidak tahu mengapa aku melakukan itu.”

Kondisi tersebut, diakui Sulli, membuatnya depresi hingga di satu titik dia meyakini menjadi idol K-Pop bukanlah karier yang diinginkannya. Inilah alasannya mundur dari f(x).

"Itu sangat membebani hidupku. Aku takut melakukan apapun, karena pandangan orang-orang tentangku," ungkapnya.

Sulli ditemukan manajernya dalam kondisi tak bernyawa di apartemennya kawasan Seongnam, Seoul Selatan, Korea Selatan, pukul 16.30 KST. Sementara polisi memperkirakan waktu kematian sang artis sekira pukul 15.30 KST.

Dalam pernyataannya, manajer mengatakan masih berkomunikasi dengan Sulli hingga malam sebelumnya.

"Terakhir kali aku bicara dengan Sulli adalah malam sebelumnya sekitar pukul 18.30 malam. Aku belum mendengar apa-apa lagi darinya, jadi aku ke apartemennya dan mendapatinya meninggal," kata manajer.

Pada November 2016, Sulli sempat dikabarkan melakukan usaha bunuh diri. Kala itu, dia disebut-sebut menyayat pergelangan tangannya sampai harus menjalani perawatan di UGD Rumah Sakit.

Namun klaim bunuh diri Sulli kala itu dibantah agensinya, SM Entertainment. Agensi yang juga menaungi SuperM itu menyebut, artisnya itu hanya mengalami insiden kecil di rumah. Namun klaim SM Entertainment itu tak dipercaya oleh warganet.

"Aku merasa spekulasi netizen (soal usaha bunuh diri) itu bukan tanpa dasar. Ketidakstabilan mental Sulli sudah terdengar lama. Sepertinya dia (melewati banyak hal sulit) mudah depresi hingga ingin bunuh diri," ujar seorang netizen kala itu.

Selain Sulli, ada sekitar 10 selebritis Korea Selatan yang memilih mengakhiri hidup mereka dengan bunuh diri karena beragam alasan. Mereka di antaranya:
1. Kim Yuri
Kim Yuri, supermodel kelahiran tahun 1989 depresi berat dengan cara tidak makan sama sekali.
Ia meninggal dunia karena tidak ada asupan makan.

2. Chae Dong Ha
Mantan anggota idol grup SG Wannabe ini ditemukan tewas gantung diri dengan sebuah dasi di dalam lemari pakaiannya.
Idol kelahiran tahun 1981 ini nekat mengakhiri perjalanan hidupnya karena depresi berat setelah ditinggal mati oleh sang manajer.

3. Park Young Ha
Aktor drama Winter Sonata, Park Young Ha, ditemukan tewas bunuh diri di Seoul pada tahun 2010. Aktor yang saat itu berusia 32 tahun nekat menggantung dirinya dengan kabel camcorder.
Park Young Ha bunuh diri karena frustasi mengetahui penyakit ayahnya yang kian kritis.

4. Jang Ja Yeon
Pemain drama hits Boys Before Flowers depresi dan bunuh diri. Alasan bunuh diri Jang Ja Yeon karena dia merasa tertekan telah diperkosa sebanyak 100 kali oleh 30 orang lebih.
Setelah ditelusuri, orang-orang tersebut adalah para petinggi dunia hiburan yang memuluskan karier Jang Ja Yeon sebagai artis.
Jang Ja Yeon sempat meninggalkan 7 catatan dan surat wasiat yang menyebutkan dirinya telah menjadi budak seks para tokoh di balik layar dunia hiburan.

5. Lee Eun Joo
Lee Eun Joo adalah aktris Korea yang meninggal tahun 2005 silam. Lee Eun Joo bunuh diri dengan cara memotong nadinya sendiri.
Keluarga Lee Eun Joo kemudian menyalahkan beberapa pihak karena dianggap membuat putri mereka tertekan dan depresi.

6. Kim Ji Hoo
Ia adalah aktor sekaligus model Korea Selatan yang bunuh diri di rumahnya pada tahun 2008. Ia meninggal dunia saat berusia 23 tahun karena ia merasa kesepian dalam kondisi berat.

7. Ahn Jae Hwan
Masalah uang, termasuk bisnis gagal dan hutang, dianggap sebagai alasan di balik kematian Ahn Jae Hwan. Bintang yang sedang naik daun itu bunuh diri dengan cara meracuni diri sendiri dengan karbon monoksida saat duduk di mobilnya.
Namun sebelumnya ia meninggalkan catatan permintaan maaf kepada istrinya yang baru dinikahinya.

8. Choi Jin Shil
Choi Jin Shil disebut sebagai aktris ikonik, bahkan disebut "The Nation’s Actress dengan membintangi banyak film dan drama Korea.
Setelah Manajernya meninggal dunia, ia menikah. Ternyata, suaminya kasar sehingga dia mengajukan cerai dan menjalani perang hak asuh anak dan karenanya, ia kehilangan sponsor.
Ia pun depresi dan bunuh diri pada tahun 2008.

9. Daul Kim
Ia adalah seorang model internasional yang bunuh diri saat berusia 20 tahun karena depresi. Daul melakukan bunuh diri dengan gantung diri di sebuah apartemen di Paris pada 19 November 2009.

10. U-Nee
Dia adalah penyanyi rapper Korea Selatan yang bunuh diri di usia 26 Tahun. U-Nee ditemukan meninggal bunuh diri di apartemennya pada tanggal 21 Januari 2007.

Berita Populer