•   Selasa, 15 Oktober 2019
Ekonomi China

Dewan Inovasi Sci-Tech China Mulai Berdagang

( words)
Upacara pencatatan batch pertama perusahaan di STAR Market SP/Rtr


SURABAYAPAGI.com - Dewan inovasi sain-teknologi China (STAR Market) memulai perdagangan di Shanghai Stock Exchange Senin pagi, dengan kelompok pertama dari 25 perusahaan yang memulai debutnya di dewan.

“Pembentukan STAR market dan sistem Initial Public Offering (IPO) berbasis registrasi pilot akan sangat mendukung pengembangan ekonomi yang didorong dengan inovasi China dan reformasi pasar modal” kata Li Chao, wakil kepala Komisi Regulasi Sekuritas China.

Sebagai upaya reformasi terbaru negara untuk mengubah pasar A-share, Dewan STAR menjadi lebih berorientasi pasar dan berbasis hukum.

Tidak seperti dewan domestik lainnya, perusahaan ini memangkas daftar birokrasi aplikasi yang memungkinkan lebih banyak penetapan harga pasar dengan memprioritaskan pemberian informasi, dan memperketat aturan delisting dengan mengujicobakan sistem IPO berbasis registrasi sebagai praktik populer di banyak pasar maju.

Aturan perdaganganpun juga berbeda yakni, memberikan akses bebas pada perubahan harga dalam lima hari perdagangan pertama. Namu, pada hari-hari perdagangan berikutnya, dewan memungkinkan saham naik atau turun maksimum 20 persen, lebih tinggi dari batas 10 persen untuk sebagian besar saham di papan lainnya.

Perlu diketahui system ini pertama kali diusulkan pada November 2018, ini dirancang untuk memberikan dukungan pembiayaan langsung bagi perusahaan di sektor teknologi tinggi dan strategis, seperti teknologi informasi generasi baru, peralatan canggih, bahan baru, energi baru, hemat energi, dan perlindungan lingkungan .

Dengan investasi penelitian dan pengembangan yang jauh lebih tinggi daripada perusahaan sejenis yang terdaftar di dewan domestik lainnya, kelompok pertama dari 25 perusahaan di STAR Market terutama di bidang teknologi informasi generasi baru, peralatan canggih dan sektor obat-obatan.

Berita Populer