Di Uji Swab, Istri Wabup Jombang Positif Covid-19

Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran. SP/M. Yusuf

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Wakil Bupati Jombang, Jawa Timur, dan keluarga serta seluruh staf yang bertugas di rumah dinas wabup menjalani rapid tes.

Dan hasil rapid, semua didapati non reaktif. Terkecuali Wiwin Isnawati, istri dari Wabup Jombang, Sumrambah, yang hasil rapid reaktif.

Kemudian, langkah selanjutnya, Wiwin mengikuti uji swab. Dan hasil dari swab, istri wabup tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Cobid-19.

Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengatakan, meski begitu, istri wabup tetap menjalani isolasi mandiri di rumah dinas Wakil Bupati Jombang.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan dengan menggunakan PCR yang ada di RSUD Jombang, hasil uji swabnya konfirm positif,” katanya, Selasa (04/8/2020).

Pudji menjelaskan, memang sesaat setelah hasil uji swab keluar, pihak rsud menawarkan isolasi di rumah atau perawatan di rumah sakit. Dan setelah diskusi dengan keluarga, wabup memutuskan isolasi mandiri di rumah dinas.

"Isolasi dirumah akhirnya diizinkan dengan tata laksana dan protokol kesehatan ketat. Seperti menggunakan masker dan menerapkan physical distancing dengan ketat," jelasnya.

Tidak ada kontak fisik dengan siapapun. Dan Wiwin menggunakan kamar khusus yang terpisah dengan anggota keluarga yang lain.

"Keluhan yang dialami memang tergolong ringan, yaitu hanya batuk saja. Dari penuturan pak wabup, bu wabup memang batuknya lama,” ujarnya.

Pudji memaparkan, usai dilakukan pemeriksaan berulang-ulang, setidaknya dua hari sekali, hasil pemeriksaan radiologis dan laboratoris, istri wabup dinyatakan bersih dan bagus.

“Alhamdulillah sangat bagus dan memenuhi kaidah isolasi di rumah dengan ketat. Keluarga hanya menjamin ketercukupan gizi dan lain sebagainya,” paparnya.

Pudji mengungkapkan, bahwa kondisi Wiwin kini semakin membaik. Batuk yang sebelumnya jadi gejala juga hilang perlahan.

"Namun isolasi tetap harus dilakukan hingga 14 hari. Setelah isolasi dipenuhi, kami akan memberikan surat keterangan sembuh dengan kriteria isolasi selama 14 hari," pungkasnya.  suf