•   Senin, 24 Februari 2020
Peristiwa Nusantara

Digelar Besok, Ini Rangkaian Acara Reuni Akbar 212

( words)
Aksi damai 212


SURABAYAPAGI.com - Acara Reuni Akbar 212 akan digelar besok, Minggu (2/12). Penyelenggaraan reuni ini merupakan kali kedua setelah juga dilakukan tahun 2017. Reuni Akbar Alumni 212 merupakan kegiatan silaturahmi bagi para tokoh maupun masyarakat yang terlibat dalam aksi 2 Desember 2016 silam, saat ratusan ribu orang tumpah ruah ke jalan menuntut penegakan hukum kepada Basuki Tjahja Purnama yang kala itu menjabat Gubernur DKI Jakarta atas kasus penistaan agama.
Lalu seperti apa rangkaian acara reuni 212 tahun ini?
1. Reuni 212 digelar di kawasan Monas, diawali dengan salat tahajud bersama
Acara reuni 212 ini rencananya digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12), pada pukul 03.00-12.00 WIB. Rangkaian acara ini akan diisi mulai dari pukul 03.00 WIB melaksanakan salat tahajud bersama, yang diimami oleh Buya Ahmad Kurtubi dan doa oleh Abah Raudh Bahar.
Kemudian salat subuh berjamaah yang akan diimami oleh Nashier Zein dan Zikir bada subuh oleh Habib Muhammad Al Athas dan Habib Muhsin bin Zait Al Athas.
Selain itu, akan ada aksi jalan bersama dari sejumlah titik di masjid di Jakarta mulai pukul 01.00 WIB menuju kawasan Monas.
2. Rangkaian acara doa akan ditutup dengan pemutaran video kompilasi dukungan 212
Selanjutnya, Maulid Nabi yang akan dipimpin oleh Habib Muhammad bin Idrus Al Hadad dilaksanakan pukul 05.30 - 06.00 WIB.
Rangkaian acara doa sejak subuh ini rencananya akan ditutup dengan pemutaran film karya Front TV yang berdurasi 7 menit dan video Kompilasi Dukungan 212.
3. Tiga tokoh perwakilan akan beri sambutan dan diikuti pengibaran bendera tahuid
Sementara, pukul 07.00 - 07.15 WIB Seremonial acara reuni akan dibuka dengan ucapan selamat datang dari tiga tokoh masing-masing perwakilan dari FPI, GNPF, dan PA 212.
Kemudian mars bela Islam dan bela tauhid akan dikumandangkan diikuti pengibaran bendera warna-warni berlambang kalimat tauhid.
4. Anies Baswedan beri sambutan
Dalam rangkaian acara Reuni Akbar Mujahid 212 bertema Keumatan, Kemanusiaan, dan Kebangsaan itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan disebut akan memberi sambutan. Sebelumnya, Anies telah dipastikan akan ikut hadir dalam acara reuni 212 ini.
Saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/11), Anies menyampaikan dirinya akan hadir. “Seperti tahun lalu saya datang juga meskipun saya bukan alumni. Lah iya, tapi saya datang Insya Allah," kata Anies seperti dikutip dari Antara.
5. Reuni akbar 212 akan ditutup dengan Millennials Award 212 dan peduli kaum disabilitas
Rangkaian acara reuni ini akan ditutup dengan Millennials Award pada pukul 10.00-10.15 WIB. Rencananya acara ini akan diawali dengan menampilkan dua anak penghafal Alquran. Selanjutnya penganugerahan Millennials Award kepada 12 orang lainnya.
Dilanjutkan dengan acara Peduli Kaum Disabilitas dan selanjutnya pembacaan doa penutup oleh Habib Umar. Acara Reuni Akbar ini rencananya akan selesai sebelum pukul 12.00 WIB.

Berita Populer