•   Selasa, 28 Januari 2020
Surabaya

Dinkes Jatim Permudah ODHA Dapatkan Obat ARV

( words)
Kohar Hari Santoso


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jatim terus berusaha menekan angka penularan HIV dengan mempermudah ODHA (orang dengan HIV/AIDS) untuk mendapatkan obat antiretroviral (ARV).
Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Kohar Hari Santoso mengatakan, untuk mendapatkan ARV saat ini tidak perlu ke rumah sakit, namun cukup di Puskesmas terdekat. "Tapi memang tidak sembarangan Puskesmas, kita pilih Puskesmas tertentu, dimana di sana banyak penderita HIV dan sudah kita latih untuk menangani ODHA," kata Kohar, Senin (22/10).
Dirinya mengatakan, ada 24 Puskesmas di Jatim yang bisa memberikan ARV secara gratis dan mayoritas ada di kota besar seperti Surabaya, Malang dan Jember. Beberapa Puskesmas lain yang ditunjuk antara lain Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso, Puskesmas Besuki di Situbondo, Puskesmas Tempeh di Kabupaten Lumajang, Puskesmas Pule Trenggalek, Puskesmas Gemarang Madiun dan di Puskesmas Bubukan Kabupaten Pacitan dan lainnya.
"Menggunakan ARV ini akan menurunkan virusnya hingga batas tidak menularnya dan menjadi tertekan pada konsentrasi yang sangat rendah. Kalau tidak minum, kekuatan virusnya bisa naik dan dari semula HIV bisa menjadi AIDS," ucap Kohar.
Untuk jumlah ODHA di Jatim sendiri, mulai tahun 1993 sampai sekarang, Kohar mengatakan ada 43 ribu penderita. "Tapi sebagian sudah ada yang meninggal dan ada juga yang sedang kita terapi ARV sekitar 80 persen sudah tercover ARV tapi memang ada yang sudah menggunakan tapi tidak rutin, itu yang kita harapkan bisa menjadi lebih tertib," tutupnya. Sb

Berita Populer