Dipastikan Aman dari Corona, Sumbar Sambut 174 Turis China

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Jan 2020 14:06 WIB

Dipastikan Aman dari Corona, Sumbar Sambut 174 Turis China

SURABAYAPAGI.COM, - 174 turis China asal Kunming tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat, Minggu (26/1). Mereka datang untuk tujuan wisata selama enam hari di tengah mewabahnya virs corona di Wuhan, Hubei, China.
Dilansir dari Antara, 174 turis asal China ini langsung diboyong ke ruang pemeriksaan untuk dicek dengan pemindai panas suhu tubuh atau thermal scanner. PT Marawa Corporate dan Cocos Tour selaku agen biro perjalanan yang mendatangkan turis China ke Sumbar tersebut mengatakan kliennya tidak terjangkit virus corona.
Pimpinan PT Marawa Corporate Darmawi mengatakan seluruh WNA China berangkat dari Bandara Kunming, Provinsi Yunan, melalui penerbangan langsung dalam waktu empat jam perjalanan. Mereka tiba di Sumbar pukul 06.36 WIB. Darmawi mengatakan Yunan terletak jauh dari daerah Wuhan. Kedua kota berjarak sekitar 19 jam. Para turis juga diperiksa terlebih dahulu di Bandara Kunming sebelum berangkat ke Sumbar.

Darmawi mengatakan hingga saat ini Bandara Kunming masih membuka penerbangan luar negeri. Artinya, wilayah tersebut tidak terpapar virus corona. Selain itu pihak otoritas Bandara Kunming juga melakukan pemeriksaan kesehatan dengan alat pemindai suhu dan pemeriksaan.

Ratusan turis tersebut disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Sekda Sumbar Alwis di Bandara Internasional Minangkabau. Irwan mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan wisatawan asing ke Sumbar.

Terkait wabah virus corona, Darmawi menyampaikan semua rombongan sudah mendapatkan visa yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri. Sekda Sumbar Alwis mengatakan Sumbar punya kepentingan terhadap pariwisata sebagai sarana meningkatkan pendapatan daerah, sehingga tidak ada alasan menolak turis selama sesuai dengan prosedur.

Ia memastikan sudah ada jaminan dari petugas kesehatan bahwa yang datang sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU