Diprediksi Hujan Lebat Guyur Jakarta Sampai 10 Januari

SURABAYAPAGI.COM,- - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan lebat masih akan terjadi. Potensi tersebut diperkirakan terjadi di beberapa pulau di Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa fenomena tersebut dapat menyebabkan bahaya banjir. Ia meminta semua pihak dan para pemangku jabatan untuk melakukan antisipasi.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencanan ( BNPB) Agus Wibowo melalui keterangan tertulis, Kamis (2/1/2020).

"Kepala BMKG menyatakan bahwa hujan deras masih akan berlangsung sampai tanggal 10 Januari 2020," papar Agus.

Agus menambahkan, untuk mengantisipasi timbulnya korban yang lebih banyak, Kepala BNPB Doni Monardo mengimbau warga yang rumahnya masih terendam cukup dalam dan masih bertahan di rumah, agar bersedia dievakuasi ke tempat aman.

Warga diharapkan lebih mementingkan keselamatannya daripada menjaga harta benda di rumah namun malah terjebak banjir.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo mengatakan, banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya terjadi akibat volume hujan yang tinggi.

BNPB mencatat ada 169 titik banjir di seluruh wilayah Jabodetabek dan Banten. Agus Wibowo memaparkan titik banjir terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat 97 titik, DKI Jakarta 63 titik dan Banten 9 titik