•   Selasa, 21 Januari 2020
Pilpres 2019

Dirayu Kubu Prabowo, Pakde Karwo Ibaratkan Akad Nikah

( words)
Pakde Karwo dan istri diajak selfie pegawai Pemprov Jatim, Rabu (16/1) kemarin.


Riko Abdiono,
Wartawan Surabaya Pagi


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Totalitas Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung pasangan calon Presiden Prabowo-Sandiaga Uno diharapkan juga diikuti Soekarwo selaku Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.
Keingingan itu dilontarkan relawan pendukung Prabowo-Sandi Jawa Timur. Namun, Soekarwo yang bakal lengser dari Gubernur Jatim pada Februari nanti, tak serta merta mengiyakan ‘rayuan’ kubu pasangan capres-cawapres nomor 02.
“Harapan kita, Pakde Karwo usai tidak lagi menjabat Gubernur, bisa lebih focus ke politik. Yaitu satu barisan dengan sikap Partai Demokrat mendukung Prabowo-Sandi,” usul Fauzi Mahendra, Ketua Relawan Sahabat Prabowo-Sandi (SPS) Jawa Timur, Rabu (16/1/2019).
Menurut Fauzi, sudah waktunya Gubernur Jatim dua periode itu mengikuti langkah SBY untuk total mendukung Prabowo-Sandi di Jawa Timur. “Kalau kemarin kan kita paham kesibukan beliau jadi gubernur, tapi setelah 12 Februari nanti kami yakin ada banyak waktu untuk memenangkan Prabowo-Sandi di Jatim,” jelasnya.
Fauzi mengakui jika Pakde Karwo memiliki effect yang cukup bagus di Jawa Timur. Hal ini bisa menyeimbangi Khofifah Effect. Dimana Khofifah Indar Parwansa sebagai gubernur Jatim terpilih menggantikan Pakde Karwo selama ini bergerak untuk kemenangan Jokowi-Makruf.
“Relawan berharap Pakde Karwo bisa membantu pemenangan Prabowo-Sandi di Jatim. Kalau Pakde Karwo dan kader Demokrat Jatim turun gunung, Insya Allah Jatim selesai dengan kemenangan Prabowo-Sandi bisa 70-80 persen,” imbuh Fauzi.
Menurut pemuda yang juga pengurus HIPMI Jatim ini, setelah pidato kebangsaan ‘Indonesia Menang’ Capres Prabowo Subianto dua hari lalu, sangat luar biasa respect dari daerah. Sehingga pihaknya mengaku optimistis bahwa Jatim akan dimenangkan Prabowo-Sandi.
“Suara dari pemuda millennial dan emak-emak di pasar sudah banyak berharap ke Prabowo. Kalau relawan ini ditambah dukungan dari Pakde Karwo, tentu sangat luar biasa,” paparnya.
Lantas bagaimana tanggapan Pakde Karwo? Ditemui setelah acara pamitan di Kantor Dinas PU Binamarga Jatim, Rabu siang (16/1/2019). Pakde Karwo mengaku belum bisa menjanjikan bakal total ke panggung politik. Khususnya untuk bisa mewujudkan harapan para relawan pendukung Prabowo-Sandi di Jatim.
“Saya tidak ikut dalam panggung politik. Saya selesai (jadi) Gubernur mau menyelesaikan banyak tulisan yang harus saya selesaikan,” ujar Pakde Karwo.
Menurutnya, sebagai birokrat dirinya belum tertarik dalam urusan formal dukung mendukung pasangan calon presiden. “Secara formal tidak ada (mendukung) semua. Tapi hati kita tidak bisa diceritakan ke orang. Ibarat Deklarasi (mendukung capres) itu akad nikah. Jatuh cintanya kan terjadi sebelum akad nikah,” singkat Soekarwo. n

Berita Populer