•   Rabu, 18 September 2019
Pemprov Jatim

Dispertahortbun Tak Alokasikan Bantuan Pupuk bagi Petani Tembakau

( words)
Seorang petani di Sumenep saat menyiram tembakau di ladangnya


SURABAYAPAGI.com, Sumenep -​ Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2019 tidak mengalokasikan bantuan pupuk untuk para petani tembakau.

Kepala Bidang Perkebunan Dispertahortbun Sumenep, Abdul Hamid Mengatakan, sejak tahun lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tidak menganggarkan untuk bantuan pupuk. "(Bantuan) pupuk tidak ada," katanya, Jumat (5/7/2019)

Selama ini kata Hamid, bantuan pupuk pada petani tembakau diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. "(Bantuan Pupuk) itu melalaui Provinsi, (jenis pupuk yang diberikan) NPK dan ZA," ujarnya.

Ditanya bantuan tahun 2018 yang lambat, pihaknya mengaku karena terkendala proses lelang. Sementara proses lelang membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal kata dia proses lelang sudah dilakukan awal tahun.

"Meski lambat ya harus terealisasi, (kalau sudah lambat) disimpan. Semoga tahun ini (realisasi bantuan) tepat waktu," katanya.

Sedangkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kata dia, hanya memberikan bantuan bibit. Tahun ini bantuan bibit dialokasikan di 10 titik. Sementara tahun 2018 bantuan benih dan pembibitan terbesar di 17 titik penangkar untuk lahan tegal dan gunung. (haz)

Berita Populer