•   Minggu, 15 September 2019
Kriminal

Ditetapkan Tersangka, Eks Exco PSSI Diperiksa Rabu

( words)
Mantan Komite Eksekutif PSSI Hidayat Ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Bola.


Erick Kresnadi
Wartawan Surabaya Pagi

Menyusul ditetapkannya mantan komite eksekutif (exco) PSSI Hidayat sebagai tersangka kasus penyuapan untuk pengaturan skor bola, Satgas Antimafia Bola telah memanggil Hidayat untuk diperiksa sebagai tersangka. Hidayat dijadwalkan diperiksa sebagai tersangka di Mapolda Metro Jaya, Rabu (27/2) esok.
Hal ini berarti jadwal pemeriksaan terhadap Hidayat bersamaan dengan jadwal pemeriksaan penyidik terhadap PLT Ketua Umum PSSI Joko Driyono yang akan diperiksa pula sebagai tersangka perusakan barang bukti perkara pengaturan skor.
"Setelah ditetapkan tersangka H kita panggil dan dijadwalkan diperiksa penyidik Rabu 27 Februari," kata Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (25/2) kemarin.
Seperti diketahui jumlah tersangka kasus terkait pengaturan skor bola, kembali bertambah satu orang.
Satgas Antimafia Bola resmi menetapkan mantan komite eksekutif (exco) PSSI Hidayat sebagai tersangka kasus penyuapan untuk pengaturan skor pertandingan Liga II antara Madura FC melawan PSS Sleman.
Argo Yuwono menjelaskan penetapan tersangka terhadap Hidayat dilakukan setelah tim penyidik Satgas Antimafia Bola dari Bareskrim, melakukan gelar perkara Jumat (21/2) lalu.
"Setelah dilakukan gelar perkara, saat itu juga saksi H dinaikkan statusnya menjadi tersangka, dalam dugaan tindak pidana penyuapan terkait pertandingan antara PSS Sleman dan Madura FC," kata Argo.
Ini artinya Hidayat menjadi tersangka ke 16 dalam kasus terkait pengaturan skor bola. "Ada lebih 2 alat bukti yang cukup untuk menetapkan H sebagai tersangka yaitu keterangan pelapor, keterangan saksi, bukti petunjuk, surat, dan sebagainya," kata Argo.
Hidayat sebelumnya merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Namun ia dipecat dari Exco PSSI pada Desember 2018 lalu. Pemecatan dilakukan setelah Manajer Madura FC, Januar Herwanto, buka suara bahwa Hidayat menawarinya uang agar mengalah saat timnya Madura FC menghadapi PSS Sleman.
Komisi Disiplin PSSI akhirnya memmecat Hidayat dari Exco PSSi. Dan kini, Hidayat menjadi tersangka kasus penyuapan terkait pengaturan skor bola. Ia menjadi tersangka ke 16 yang ditetapkan Satgas Antimafia Bola.

Berita Populer