Dosen Untag Maksimalkan UKM Peleburan Logam Alumunium

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Des 2020 18:43 WIB

Dosen Untag Maksimalkan UKM Peleburan Logam Alumunium

i

Dosen Teknik Industri, Untag Hery Murnawan, ST, MT. SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI   

SURABAYAPAGI, Surabaya - Hery Murnawan, ST, MT., lakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada UKM Peleburan Logam Alumunium. Kegiatan ini tentunya mendapat dukungan dari DRPM RISTEK BRIN berupa dana hibah. Selasa (1/12/2020).

Program Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan setiap tahunnya oleh DRPM RISTEK BRIN. Pada tahun 2020, terhitung ada tiga akademisi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) yang pengajuannya diterima oleh DRPM RISTEK BRIN.

Baca Juga: HUT ke-44 Dekranas Jatim: Isye Dorong IKM/UKM Unggulan Gebrak Pasar Dunia

Hal itu tidak di sia-siakan oleh Hery Murnawan, ST, MT. Dosen Teknik Industri itu dengan jeli melihat beberapa problematika yang sedang dirasakan oleh salah satu UKM Peleburan Aluminium Logam yang ada di Surabaya.

"Seperti yang kita tahu, bahwa masih banyak sekali limbah alumunium yang tidak terproses secara maksimal, seperti wajan bekas, panci bekas, kampas rem, kampas kopling, dan sebagainya. Sangat sayang jika tidak dibenahi," papar Hery Murnawan, ST, MT.

Baca Juga: Empat Kampus di Surabaya, ikut Bergolak

Dengan melakukan berbagai pendekatan, akademisi Untag itu bisa memberikan solusi dalam bentuk gagasan serta gerak nyata dari gagasan yang diutarakan. "Bersama pemilik UKM, saya melakukan peningkatan kapasitas produksi, perluasan area produksi dan membuat produk aluminium batangan serta cetakan alumunium," ujarnya saat di wawancarai oleh Tim Surabaya Pagi di Kampus Merah Putih.

Setelah upaya pelestarian tersebut dilakukan, "Alhamdulilah produktivitas semakin meningkat, kinerja dari karyawan juga semakin efektif, dan yang paling penting keuntungan yang didapatkan UKM juga jauh lebih banyak dari sebelumnya," ungkapnya.

Baca Juga: Untag Surabaya: Tolak Politik Dinasti dan Intimidasi

Pelestarian UKM memang membutuhkan andil dari pemerintah, tetapi peran akademisi Universitas juga sangat membantu. "Kita sebagai akademisi harus bisa jeli melihat kehidupan masyarakat. Sebisa mungkin kita mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari masyarakat atau UKM," pesan Hery Murnawan, ST, MT. mbi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU