•   Rabu, 16 Oktober 2019
SGML

Dua Kecamatan Babat dan Bluluk, Jokowi Ungguli Prabowo

( words)
Anggota KPU Lamongan sebelum memulai Rapat Pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten menyanyikan lagu Indonesia Raya. FOTO:SP/MUHAJIRIN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Rekapitulasi perolehan suara Pemilu tingkat Kabupaten mulai digelar Rabu (1/5/2019), oleh KPU Lamongan di Hotel Grand Mahkota. Hingga pukul 13.00 WIB, pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin ungguli pasangan Prabowo-Sandi di dua Kecamatan Babat dan Bluluk.
Di dua kecamatan berbatasan dengan Bojonegoro itu, seperti disampaikan oleh ketua KPU Lamongan Imam Ghozali, di Kecamatan Babat pasangan nomor urut 01 memperoleh 33.956 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02 memperoleh 15.647 suara.
Untuk Kecamatan Bluluk kata Ghozali panggilan akrab Imam Ghozali, pasangan nomor urut 01 mendapatkan 9. 365 suara, pasangan 02 memperoleh 5.076."Untuk sementara dua Kecamatan ini pasangan 01 ungguli pasangan 02, dan setelah mendapatkan dua kecamatan rekap ini dapat dua kecamatan, setelah itu diskor 30 menit untuk Ishoma,"terangnya.
Rapat pleno ini kata Ghozali hanya membacakan hasil rekapitulasi dari Kecamatan. Pleno sendiri dimulai jam 10.00 WIB, dan sampai pukul 12.45 WIB sudah dapat dua Kecamatan "Pleno ini kan hanya membacakan hasil rekap tingkat Kecamatan saja,"ujarnya
Pleno sendiri akan berlangsung sampai 3 Mei, dengan estimasi setiap hari dijadwal 10 Kecamatan."Di Lamongan ada 27 Kecamatan, sehari kita jadwal 10 Kecamatan sampai pukul 20.00 WIB, hanya saja untuk hari Jum’at hanya 7 Kecamatan, karena waktunya pendek,"terangnya.
Rapat pleno sendiri dibatasi sampai pukul 20.00 WIB, karena sudah diestimasi dan dihitung oleh KPU dengan asumsi membacakan 10 Kecamatan, perkiraan pukul 20.00 WIB sudah selesai. Kalaupun lebih mungkin karena pada proses pembacaan hasil rekap ada dinamika.
"Kita putuskan rapat pleno selesai jam 20.00 WIB itu, karena kalau sampai malam tingkat kosentrasi petugas akan berkurang, hal itu dikhawatirkan akan berdampak, makanya kita putuskan jam 8 malam harus selesai,"terangnya.
Dalam proses rekap yang baru mendapatkan 2 Kecamatan itu kata Ghozali berjalan dengan lancar, kalaupun tadi ada usulan itu hanya menyepakati mekanisme saja."Berjalan cukup lancar dan tidak ada insiden apa-apa, hanya tadi ada usulan terkait mekanisme saja,"jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Ghozali menegaskan kepada awak media, dalam rekapitulasi ini ia menjamin kepada siapa saja, kalau KPU akan melaksanakan rapat pleno apa adanya, dan membacakan hasil rekap tingkat Kecamatan.
"Saya jamin tidak ada penggelembungan suara, karena sudah direkap di tingkat Kecamatan, di Tingkat Kabupaten ini kami hanya membacakan hasil dari Kecamatan, kalau ada masalah yg belum beres di tingkat Kecamatan, tentu di tingkat Kabupaten ini kita selesaikan,"tegasnya.jir

Berita Populer