Dua Perempuan Belia Papua Direkrut Jadi Pilot Garuda Indonesia

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) dilaporkan telah merekrut dua pilot perempuan asal Papua bernama Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar. Keduanya menjadi perempuan pertama asal bumi Papua yang diketahui berprofesi sebagai pilot.

Hanya saja, status Vanda dan Martha adalah pilot ab-initio, yang berarti tidak punya pengalaman terbang komersial. Pengalaman terbang mereka hanya diperoleh dari belajar di sekolah penerbangan.

Sebagai tambahan informasi, Vanda diketahui merupakan jebolan Nelson Aviation College di Selandia Baru. Dia sebelumnya mengambil surat izin terbang dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara di Ganesa Flight Academy, Jakarta.

"Tambahan pilot baru yang datang dari putra daerah Papua ini adalah bentuk komitmen Garuda dalam menyediakan kesempatan seluas-luasnya untuk putra daerah berprestasi supaya dapat mengembangkan karir mereka bersama Garuda," tutur Direktur Utama Garuda Indonesa Ari Askhara, Rabu (31/7/2019).

Menurut Ari, dengan direkrutnya Vanda dan Martha, hal ini menunjukkan bahwa semua orang sebetulnya bisa jadi pilot dengan syarat utama mempunyai prestasi dan tentunya kemampuan. Dengan adanya Vanda serta Martha, Ari mengharapkan dapat menarik minat putra-putri daerah lain untuk berprestasi.

"Prestasi kedua pilot yang telah lulus proses rekrutmen pilot ini harus diapresiasi mengingat proses seleksi pilot di Garuda ini cukup ketat," urai Ari.

Sementara itu, manajemen Garuda Indonesia menyebut Martha akan melanjutkan pendidikan terbangnya sebelum mengisi satu posisi di Citilink Indonesia. Khusus Vanda, dia akan menjalani diklat untuk mengisi satu tempat pilot di Garuda.