•   Senin, 18 November 2019
Peristiwa Internasional

Duka California Saat Hari Kemerdekaan AS

( words)
Presiden Donald Trump saat berpidato SP/Rtr


SURABAYAPAGI.com - Penyambutan hari kemerdekaan meletakkan kebahagian tersendiri bagi warga Negara itu. Perayaan digelar dengan berbagai acara yang meriah. Amerika Serikat menghadirkan parade militer yang baru pertama kali dilakukan pada masa kepemimpinan AS.

Seperti dilansirReuters, Kamis (4/7), Trump dan Gedung Putih mengajukan konsep peringatan hari kemerdekaan AS tahun ini dengan tema ’Salute to America’. Trump meminta kegiatan itu dimeriahkan dengan parade alat utama sistem persenjataan.

"Kita akan mempunyai peringatan 4 Juli yang megah di Washington DC. Itu tidak akan sama dengan yang lainnya, dan ini khusus, dan saya harap banyak orang-orang akan hadir menyaksikannya," kata Trump.

Menurut Kementerian Pertahanan AS (Pentagon), parade itu terdiri dari rombongan kendaraan lapis baja (tank) M1 Abrams, disusul iring-iringan pesawat tempur seperti B-2, F-35, F-22, tim aerobatik Blue Angels, hingga pesawat serta helikopter kepresidenan, Air Force One dan Marine One.

Kebahagian tersebut lantas diterpa oleh setitik duka. California diguncang gempa hebat saat hari kemerdekaan AS tau yang dikenal ’The Fourth of July’.

Titik gempa berpusat di Ridgecrest, sekitar 150 kilometer dari Los Angeles. Seismolog Survei Geologi AS (USGS) Robert Graves mengatakan setidaknya terjadi 159 gempa susulan dengan kekuatan yang cukup besar setelah gempa pertama.

Wali Kota Ridgecrest Peggy Breedon telah mengumumkan keadaan darurat. Pemadam kebakaran setempat menyatakan evakuasi dilakukan di Rumah Sakit Regional Ridgecrest.

Dikutip dariReuters, gempa merusak sejumlah bangunan di kota bagian timur laut Los Angeles, tetapi pihak berwenang mengatakan tidak korban jiwa dalam kejadian ini. Korban hanya mengalami luka ringan.

Berita Populer