Efektivitas Masker untuk Cegah Virus Corona

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Jan 2020 10:40 WIB

Efektivitas Masker untuk Cegah Virus Corona

SURABAYAPAGI.COM, -Seberapa efektif masker khususnya masker warna-warni yang dikenal sebagai masker bedah, masker biasa (simple mask), atau masker ojek ini, untuk mencegah penyebaran virus corona?


Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan menjelaskan masker dianjurkan untuk dipakai oleh orang yang memiliki gejala atau penyakit batuk dan pilek termasuk karena virus corona yang saat ini mewabah. Erlina mengatakan semua jenis masker dapat dipakai oleh orang yang memiliki gejala tersebut. Tujuannya untuk mencegah percikan-percikan yang mengandung virus dari batuk atau bersin lepas ke udara begitu saja. Pasalnya penyakit-penyakit tersebut menular ke orang lain melalui udara (air borne).

Cairan inilah yang dapat menyebarkan virus ke orang lain yang sehat ketika terhirup atau tersentuh ke mata, hidung, mulut, atau permukaan kulit. Berdasarkan temuan WHO, virus corona dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.
Sedangkan bagi orang sehat, masker tidak perlu dipakai jika tidak berhubungan langsung dengan orang sakit. Hanya saja, penggunaannya akan membantu mengurangi risiko penularan. Sedangkan untuk pekerja rumah sakit, dianjurkan untuk memakai masker N95. Masker N95 ini memiliki filtrasi yang lebih mumpuni dibanding masker biasa. Studi mengenai efektivitas masker mencegah penyebaran virus juga menunjukkan hasil yang beragam. Dikutip dari Express, ahli dari University of London David Carrington menyebut masker tidak efektif menangkal virus karena tidak memiliki filter. Namun, memakai masker membantu menurunkan risiko tertular virus karena percikan bersin atau batuk. Satu hal yang harus diingat adalah masker harus langsung dibuang agar tidak menular ke orang kain, alias sekali pakai. Masker tak boleh dipakai berulang kali karena virus akan bertumpuk di dalamnya. Fathiyah mengatakan salah satu waktu tepat untuk mengganti masker adalah saat masker sudah terasa basah. Sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona, Erlina menyarankan orang sehat untuk menghindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan, melaksanakan perilaku hidup bersih, mencuci tangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU