•   Jumat, 28 Februari 2020
Sepakbola

El Clasico Jilid Pertama hanya 0-0

( words)


SURABAYAPAGI.com, Barcelona – Hasil dari duelEl clasico jilid pertama pada musim 2019-2020 berakhir tanpa pemenang. Ini setelah pertandingan Barcelona dan Real Madrid yang dihelat di Stadion Camp Nou, Barcelona, hanya berakhir imbang tanpa gol, 0-0.

Laga El clasico jilid pertama ini merupakan laga tunda Liga Spanyol pekan ke-10, yang baru saja dimainkan pada Rabu (18/12/2019) waktu setempat atau Kamis (19/12/2019) dinihari WIB.

Barcelona yang mendominasi pertandingan harus menerima hasil imbang usai gagal mencetak gol melawan rival abadinya, Real Madrid. Skor kacamata alias 0-0 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini tidak membuat urutan di klasemen sementara Liga Spanyol berubah karena Barcelona masih berada di pucuk dengan raihan 36 poin.

Sementara itu, Real Madrid membuntuti di posisi kedua dengan koleksi poin yang sama.


Image

Jalannya Pertandingan
Barcelona menjamu Real Madrid dalam laga tunda pekan ke-10 Liga Spanyol yang bertajuk el clasico di Stadion Camp Nou, Rabu (18/12/2019) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Barcelona memulai pertandingan dengan tempo lambat selepas kick-off babak pertama.

Tuan rumah berusaha untuk melakukan penguasaan bola lebih banyak sejak awal pertandingan.

Tim tamu justru mendapat peluang pertama untuk unggul pada menit ke-10 setelah Karim Benzema melakukan tembakan ke arah gawang Barcelona lewat kaki kirinya dari dalam kotak penalti.

Mendapatkan umpan back-heel dari Isco, Karim Benzema langsung melepaskan tendangan lewat kaki kirinya dari dalam kotak penalti Barcelona.

Sepakannya masih terlalu mudah untuk diamankan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona justru terus ditekan oleh Real Madrid ketika pertandingan memasuki menit ke-15 melalui serangan dari sisi kiri penyerangan lewat Ferland Mendy, Karim Benzema, dan Isco.

Casemiro nyaris membuat Real Madrid unggul jika saja sundulannya usai meneruskan sepak pojok Gareth Bale tidak dibuang oleh Gerard Pique pada menit ke-17.


Image

Barcelona sama sekali belum melakukan tekanan berarti yang membahayakan gawang Real Madrid.

Hingga pertandingan memasuki menit ke-25, belum ada tendangan dari Luis Suarez, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann yang mengarah ke gawang Thibaut Courtois.

Tim tamu bahkan kembali mendapat peluang untuk membuka skor setelah pada menit ke-26 Casemiro melakukan tendangan dari luar kotak penalti lewat kaki kanannya.

Baca Juga: Manchester United Tak Akan Biarkan Pogba Hengkang pada Januari 2020

Akan tetapi, tendangan Casemiro dari luar kotak penalti masih mampu dihalau oleh kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Empat menit berselang, Lionel Messi nyaris membuat Barcelona unggul andai sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti tidak dibuang oleh Sergio Ramos usai terjadi kemelut di depan gawang Real Madrid.

Jordi Alba nyaris membuat gol bagi Barcelona pada menit ke-41 jika saja sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti tidak melebar di sisi kanan gawang Thibaut Courtois usai memanfaatkan umpan cungkil Messi.

Selang dua menit kemudian, Real Madrid gantian yang mendapat peluang untuk mencetak gol.

Namun, tendangan first time kaki kanan Federico Valverde sedikit di luar kotak penalti masih bisa dihentikan Ter Stegen.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 masih menghiasi laga Barcelona versus Real Madrid.


Image

Babak Kedua
Pada babak kedua, Barcelona kembali mencoba untuk mendominasi penguasaan bola.

Para pemain Barcelona yang terlalu bermain-main di dekat kotak penalti sendiri justru kerap kali mendapat tekanan dari Real Madrid dan membahayakan gawang Marc-Andre ter Stegen.

Pertandingan sempat tertunda pada menit ke-56 akibat para pendukung Barcelona melemparkan bola voli pantai ke dalam lapangan sebagai bentuk protes bertajuk Tsunami Democratic akibat penahanan pemimpin pro kemerdekaan Catalunya.

Pertandingan kembali dilanjutkan dan Barcelona belum mampu keluar dari tekanan yang diberikan tim tamu.

Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann masih tak bisa memberikan ancaman berarti bagi gawang Thibaut Courtois hingga menit ke-65 berkat rapatnya barisan belakang Real Madrid yang digalang Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Dani Carvajal.

Peluang bagi tuan rumah untuk membuka keran gol kali ini hadir dari tembakan kaki kanan Frenkie de Jong pada menit ke-71 dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan kerja sama satu-dua dengan Suarez.

Tembakan kaki kanan Frenkie de Jong masih terlalu lemah sehingga mudah ditangkap oleh Courtois.

Selang satu menit kemudian, Real Madrid sempat mencetak gol melalui sontekan kaki kiri Gareth Bale dari dalam kotak penalti usai meneruskan umpan terobosan dari Ferland Mendy.

Namun, wasit Alejandro Jose Hernandez menganulir gol Bale karena Ferland Mendy terlebih dahulu terperangkap offside setelah sang pengadil lapangan berkonsultasi via Video Assistant Referee (VAR).

Barcelona dan Real Madrid terlibat jual beli serangan hingga pertandingan memasuki menit ke-85, tetapi ketatnya barisan pertahanan kedua tim masih belum mampu memberikan peluang berarti.

Jelang berakhirnya pertandingan, tempo permainan kedua tim menjadi meningkat dan cenderung kasar.

Namun, hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan, Barcelona dan Real Madrid mengakhiri pertandingan dengan skor 0-0.

Susunan pemain Barcelona dan Real Madrid yang Diturunkan Semalam:

Barcelona (4-3-3): 1-Marc ter Stegen; 2-Nelson Semedo (22-Arturo Vidal 55’), 3-Gerard Pique, 15-Clement Lenglet, 18-Jordi Alba; 20-Sergi Roberto, 4-Ivan Rakitic, 21-Frenkie De Jong; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 17-Antoine Griezmann (31-Ansu Fati 83’)
Pelatih: Ernesto Valverde

Real Madrid (4-3-3): 13-Thibaut Courtois; 2-Dani Carvajal, 5-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 23-Ferland Mendy; 15-Federico Valverde (10-Luka Modric 80’), 14-Casemiro, 8-Toni Kroos; 11-Gareth Bale, 9-Karim Benzema, 22-Isco (27-Rodrygo 80’)
Pelatih: Zinedine Zidane

Berita Populer