•   Rabu, 18 September 2019
Surabaya

Emil akan Beri Kuliah Umum Istrinya Sendiri

( words)
Arumi ditemani Emil Dardak, berfoto bersama penguji usai ujian skripsi. Foto-foto: Koleksi Wagub untuk SP


Hari Ini, Arumi Bachsin Diwisuda di IAIN Tulungagung

Akhirnya, Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elistianto Dardak, menyelesaikan studinya di bidang Ekonomi Syariah di IAIN Tulungagung. Arumi butuh waktu sekitar 2 tahun, setelah transfer dari universitas Australia, untuk menyelesaikan studinya. Sabtu (22/6/2019) hari ini, Arumi pun akan diwisuda, dan Emil dijadwalkan memberikan kuliah umum di hadapan wsiudawan wisudawati, termasuk di dalamnya ada sang istri, Arumi.
Solichan Arief,
Wartawan Surabaya Pagi
IAIN Tulungagung dijadwalkan mewisuda 991 wisudawan dari berbagai tingkatan, termasuk salah satunya Arumi Bachsin, artis yang juga istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Sabtu (22/6/2019). "Iya, beliau salah satu yang akan diwisuda besok," kata Tajjudin Humas IAIN Tulungagung, Jumat (21/6/2019).
Kendati jarang terlihat dan beraktivitas berbaur dengan para mahasiswa lain, Arumi yang mengambil jurusan atau program studi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sejak 2018, tergolong mahasiswi dengan lulusan baik dengan IPK berkategori sangat memuaskan.
Menurut penjelasan Tajjudin, Arumi memang tidak sepenuhnya mengenyam seluruh mata kuliah di IAIN Tulungagung. Hal itu dikarenakan Arumi masuk kampus Institut Agama Islam Negeri di Tulungagung dengan status mahasiswa transfer.
Sebelumnya dia tercatat sebagai mahasiswi di salah satu universitas di Australia, namun tidak selesai hingga lulus. Setelah mengurus perpindahan kuliah di IAIN Tulungagung karena mengikuti suaminya Emil Elestianto Dardak yang dilantik menjadi Bupati Trenggalek saat itu, Arumi akhirnya berhasil menuntaskan studi S1-nya.
Arumi dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian skripsi yang ditempuh dalam waktu dua tahun. "Yang bersangkutan transfer dari D-3, sehingga hanya butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan program S1-nya," ujarnya.
Objek penelitian skripsi Arumi Bachsin saat itu mengambil potensi wilayah Trenggalek. Skripsi tersebut berjudul "Peran Pembinaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Dalam Pengembangan Batik Terang Galih di Kabupaten Trenggalek". "Skripsi ini menunjukkan baktinya untuk masyarakat Trenggalek," katanya.
Tajjudin mengatakan bahwa Arumi Bachsin dipastikan akan menghadiri acara wisuda tersebut.
Bersamanya, Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim juga dijadwalkan akan mengisi kuliah umum di hadapan wisudawan dan wisudawati. "Pak Emil kebetulan juga merupakan dosen pasca sarjana Ekonomi Syariah di IAIN Tulungagung," katanya. n

Berita Populer