•   Selasa, 19 November 2019
Trenggalek-Tulungagung

Emil Naik Wagub Jatim, Gus Ipin Berulah

( words)
Salah satu posting Gus Ipin di Instagram terbaru hari Minggu (20/1/2019)


12 Hari tak Ngantor di Pemkab Trenggalek

Riko Abdiono, Wartawan Surabaya Pagi
Di saat Bupati Trenggalek Emil Dardak bakal dilantik sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Wakil Bupati Trenggalek, H. Mohammad Nur Arifin, malah berulah.
Sudah dua belas hari sejak Rabu (9/1/19) sampai Minggu (20/1/2019), pria yang biasa dipanggil Gus Ipin ini tidak terlihat di lingkungan Pemkab Trenggalek. Bahkan istrinya, Novita Hardini dan anak-anaknya pun tidak pernah muncul di sejumlah kegiatan formal dan informal.
Kabar menghilangnya Gus Ipin mengingatkan kasus Bupati Talaud (Sulawesi Utara), Sri Wahyumi Manalip, yang dinonaktifkan Mendagri. Bupati cantik itu terbukti pelesiran ke luar negeri selama 20 hari tanpa izin.
Sanksi tegas Mendagri itu dijatuhkan pada 12 Januari 2018, karena yang bersangkutan itu dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah khususnya Pasal 76 Ayat 1 huruf I dan huruf J.
Sementara itu, sejumlah wartawan sempat menelusuri ke rumah dinas dan kantor wabup. Namun tidak mendapatkan jawaban. Bahkan hal ini membuat panik sejumlah staf dan ajudan.
“Staf dan orang-orang di Pemkab tidak ada yang tahu kemana, karena mereka nggak kontak sama sekali dengan wabup sejak 9 Januari,” ujar sumber di internal Trenggalek, Minggu (20/1/2019).
Misteri di mana keberadaan Wabup Mohammad Nur Arifin yang juga Sekretaris GP Ansor Jatim selama 12 hari tidak kelihatan di kantornya, menimbulkan keresahan sebagian pejabat setempat sebab tidak seperti biasanya.
Padahal ketika wakil bupati berhalangan hadir biasanya ada pemberitahuan surat tertulis atau ada informasi sebelumnya.
Kabag Humas Pemkab Trenggalek, Triadi Admoko saat dikonfirmasi terkait absennya Gus Ipin, mengatakan jika dirinya tidak memiliki kewenangan dalam memberikan keterangan di mana wabup saat ini berada.
“Maaf mas saya tidak ada kewenangan untuk memberikan keterangan terkait keberadaan beliau saat ini ada dimana, coba langsung konfirmasi ke Sekda saja,” kata Triadi Admojo.
Umroh atau Liburan?
Kabar hilangnya Mohammad Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek sejak 9 Januari 2019 cukup membuat geger masyarakat. Beragam prediksi muncul dari orang-orang dekatnya.
Ada yang menyebut kalau Arifin alias Gus Ipin sedang berlibur. Ada pula yang menyebut sedang umroh di Makkah, adapula yang menduga sedang di pelesir liburan awal tahun ke Eropa bersama anak dan istrinya.
Namun belum satupun yang berhasil dikonfirmasi terkait keberadaan pasti Ketua DPD KNPI Jawa Timur itu.
Sedangkan di kalangan staf dan pejabat di Pemkab Trenggalek, tidak satupun tahu kemana Wakil Bupatinya itu. Konon para staf termasuk Bupati Trenggalek Emil Dardak juga tidak diberi tahu kemana perginya Gus Ipin yang belakangan disebut-sebut bakal maju calon walikota Surabaya di tahun 2020 itu.
Salah satu sahabat, Gus Ipin di Surabaya, Hadrean Renanda Sekretaris Taruna Merah Putih Jatim mengatakan jika dirinya terakhir komunikasi dengan Gus Ipin 9 Januari 2019.
Saat itu keduanya sedang mengkoordinasikan beberapa urusan terkait TMP, karena Gus Ipin adalah Ketua TMP Jatim. "Ya terakhir memang 9 Januari lalu, setelah itu saya dan Gus Ipin belum ada komunikasi lagi sampai sekarang," jelas Hadrean.
Namun, lanjut Hadrean, saat ngobrol terakhir itu, Gus Ipin memang sempat ngomong kalau dirinya sedang sibuk sampai tanggal 21 Januari. Dan berjanji akan melanjutkan urusan setelah tanggal 21 Januari.
Lantaran sudah cukup kenal lama dengan Gus Ipin, Hadrean santai saja menanggapi berita hilangnya Wabup Trenggalek itu. "Nggak hilang lah. Percaya deh.. tanggal 21 atau 22 Januari dia (Gus Ipin) pasti muncul," kelakar Hadrean yang juga caleg DPRD Surabaya dari PDI Perjuangan ini.

Image
Aktif di Medsos
Teka-Teki kemana Wakil Bupati Trenggalek Mohammad Nur Arifin dalam kurun waktu 12 hari lalu mulai terjawab. Melalui akun media sosialnya, Wakil Bupati termuda ini terlihat memposting foto diri di akun instagram.
Dari akun instagram Nur Arifin, yakni @avinml memposting foto 6 hari lalu, yakni Senin (14/1/2019). Unggahan itu berisi foto selfie dengan tulisan status "Rambut Nanas", she said!.
Menariknya, postingan di hari yang sama juga dilakukan sang istri Novita Hardini dengan akun instagram @novitamochamad. Istri yang terkenal cantik melejit itu mengunggah foto sedang berada di dalam kereta api cepat.
Dilihat background foto keduanya, diduga kuat bukan di Indonesia. Cenderung di salah satu negara lain. Namun belum terkonfirmasi apakah itu foto terbaru atau foto lama. Meski diposting tanggal 14 Januari 2019.
Menariknya lagi, akun instagram Gus Ipin sore kemarin juga sempat mengunggah video profile (vlog) Diary dengan judul ’Ngetrail Bareng’ di Kabupaten Trenggalek. Tak lupa, Gus Ipin menambahkan status ’Ayo Cah kapan ngetrail berfaedah maneh?’.
"Jadi besok Pak Jokowi kalau besok ke Trenngalek naik sepeda motor, ajak Bu Ratna juga ya," ucapnya dalam vlog berdurasi sekitar 40 detik itu.
Sayangnya, tidak ada penjelasan dari Mochamad Nur Arifin terkait kabar tersebut diatas. Dihubungi secara melalui ponsel Gus Ipin di nomor 0812305737xx, hanya terdengar nada sambung namun tidak diangkat. Begitu juga saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan pendek, Whatsapp juga tidak terkirim.

Berita Populer