•   Senin, 16 September 2019
Geliat Malam

Fatya Diperiksa, Mucikari ke-4 Tertangkap

( words)
Mucikari Windy dikawal ketat petugas saat memasuki Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Jatim, semalam (17/1/2019).


Hendarwanto-Erick Tresnadi,
Wartawan Surabaya Pagi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dari empat saksi artis yang dipanggil penyidik Polda Jatim, baru Fatya Ginanjarsari yang datang. Mantan finalis Puteri Indonesia 2017 ini mendatangi Gedung Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, Kamis (17/1/2019).
Pada saat sama, anak buah Irjen Pol Luki Hermawan menangkap seorang perempuan yang diduga mucikari sebagai penghubung utama artis VA (Vanessa Angel) ke pengguna prostitusi. Mucikari itu diketahui bernama Windy alias WI.
Ini merupakan mucikari ke-4 yang diamankan penyidik Polda Jatim. Sebelumnya, dua mucikari Endang Suhartini (37) alias mucikari Siska dan Tentri (28), tertangkap lebih dulu. Kemudian Fitria yang tertangkap di Jakarta, Senin (14/1/2019) malam. Ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.
Saat dibawa ke Polda Jatim, Windy yang mengenakan hijab, berusaha menyembunyikan wajahnya menggunakan kain putih. Dia didampingi seorang Polwan turun dari mobil berjalan terburu-buru masuk ke ruangan penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, Kamis (17/1) malam sekitarr 18. 25 WIB.
Saat dicecar pertanyaan oleh wartawan, dia hanya diam berjalan tergopoh-gopoh menuju ke dalam ruangan penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. "Sebentar, minggir, kasih jalan," kata salah seorang penyidik.
Penangkapan tersangka mucikari Windy hingga digelandang ke Polda Jatim via Bandara Juanda itu dikawal langsung oleh Kasubdit V Siber Ditreskrimsus, AKBP Harissandi.
Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan mucikari W memiliki peran penting. Bahkan, Barung menambahkan posisi W lebih penting dari tiga muncikari yang telah tertangkap. "W (Windy) ada peranan penting sebagai muncikari. Posisi W lebih penting dari tiga lainnya," imbuh Barung.
Saat Windy tertangkap, Barung menambahkan akan ada banyak fakta baru yang tertangkap. Mengingat dia juga sebagai pemilik production house (PH).

Image


Pemeriksaan Fatya
Sementara itu Fatya Ginanjarsari ke Polda Jatim datang tanpa didampingi pengacara. Ia datang untuk menjadi saksi terkait kasus protitusi online yang diduga melibatkan 45 artis dan 100-an model. Termasuk Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila.
Fatya mengenakan baju dan celana hitam dipadu dengan topi berwarna serupa. Fatya juga membawa amplop cokelat berisi surat pemanggilan penyidik. "Iya sendirian aja," ucap Fatya sesaat sebelum memasuki ruang penyidikan.
Sayangnya, Fatya ogah berkomentar terkait kedatangannya ke Polda Jatim.
"Jangan ya nanti saja, saya ketemu sama penyidik dulu. Nanti kalau sudah keluar saja baru saya mau ngomong," ungkapnya sembari beranjak dari tempat duduk menuju ke ruangan penyidik.
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan pemeriksaan Fatya Ginanjarsar untuk memastikan keterkaitan sekaligus membongkar hingga keakarnya prostitusi online ini. "Mereka diperiksa sebagai saksi untuk mendukung penyidikan kasus prostitusi online," jelasnya.
Sebelumnya, Fatya dipastikan bukan lagi anggota Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Selain Fatya juga ada nama Mulia Lestari atau Maulia Lestari yang juga dipecat dari YPI Sama halnya dengan Fatya, Maulia Lestari juga menjadi saksi kasus prostitusi online di Polda Jatim.
“Jadi pertama-tama, kita juga terkejut dengan pemberitaan ini terlepas dari itu benar atau tidak,” kata Mega Angkasa, Corporate Communication Yayasan Puteri Indonesia.
Fatya Ginanjarsari merupakan Finalis Puteri Indonesia 2017 asal Kalimantan Utara. Sedang Mulia Lestari atau Maulia Lestari Finalis Puteri Indonesia 2016.
Avriellia Tampil Beda
Untuk kedua kalinya, model majalah dewasa Avriellia Shaqqila mendatangi Mapolda Jatim untuk memenuhi wajib lapor terkait dugaan keterlibatannya dalam kasus prostitusi online. Namun pada kedatangannya ini, Avriellia terlihat tampil beda.
Dara berusia 24 tahun ini tampak memangkas rambut panjangnya. Tak hanya itu, Avriellia juga menambahkan poni pada tatanan rambutnya. Namun saat disapa para awak media, Avriellia hanya tersenyum sambil berjalan menuju kantor Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim. "Kedatangan Avriellia ke sini untuk wajib lapor," jelas Kombes Pol Barung.
Penyewa Vanessa
Kombes Pol Frans Barung Mangera juga mengungkapkan pria berinisial R yang menggunakan jasa artis Vanessa Angel dalam kasus prostitusi online akan ditampilkan ke public, seiring berjalannya proses hukum. "Nanti, akan ditampilkan itu, pasti ditampilkan, kan pengadilan sudah bicara, bahwa akan ditampilkan, pasti akan di tampilkan," kata Barung.
Barung mengatakan saat ini pihak kepolisian telah cukup memeriksa pria yang diduga pengusaha tersebut. Nantinya saat proses pengadilan sebagai saksi, R akan ditampilkan di hadapan publik. "Itu nanti kebutuhan penyidik untuk memeriksanya, tapi saya kira sudah cukup lah itu," ujar Barung.
Ditambahkan Barung, pria berinisial R hingga kini statusnya masih sebagai saksi. Hal itu lantaran tak ada regulasi ataupun undang-undang yang bisa menjeratnya sebagai tersangka.
"Tolong tunjukkan kepada saya apakah itu Undang-undang trafficking, apakah itu UU lainnya, sampaikan ke saya UU-nya, barang siapa laki-laki yang menggunakan prostitusi akan dihukum, tidak ada," tandasnya. n

Berita Populer