•   Selasa, 19 November 2019
Gas Dan Bumi

Fenomena Tanah Keluar Asap di Jombang Terkuak, Ini Sebabnya

( words)
Tanah yang mengeluarkan asap tak jauh dari tiang lampu PJU. (SP/M. Yusuf)


SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Misteri fenomena tanah yang mengeluarkan keluar asap di Dusun Ngemplak, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur, akhirnya terkuak.

Menurut Pelayanan Teknis PLN Rayon Jombang, Suyanto mengatakan, hal itu karena dipicu aliran listrik dari lampu penerangan jalan umum (PJU) yang letaknya tak jauh dari titik panas. "Ini berasal dari kabel lampu PJU pak," katanya, Selasa (15/10/2019)

Suyanto menjelaskan, arus listrik itu menggunakan ground. Hal inilah yang membuat bola lampu menjadi nyala. "Kalau gak ada ground gak mungkin nyala. Nah ini listriknya mengalir ke ground terus kebawah, sehingga keluar panas," jelasnya.

Menurut Suyanto, kondisi tersebut tidak berbahaya dan dianggap masih wajar. "Kondisinya aman, tidak membahayakan keselamatan warga," ujarnya.


Image

Sementara itu, Kepala Dusun Ngemplak, Desa Ngudirejo, Eko Hariyono mengungkapkan, bahwa fenomena tanah keluar asap di dusunnya sudah ditinjau pihak PLN. "Ini tadi PLN yang datang, pak camat dan kapolsek meninjau ke lokasi," ungkapnya.

Memang dari hasil peninjauan PLN, lanjutnya, ada sambungan kabel lampu PJU yang terkelupas dan menempel ke tiang lampu PJU. "Ada kabel lampu yang lecet dan menempel ke tiang listrik. Jadi katanya PLN itu ngeground gitu," pungkasnya.(suf)

Berita Populer