Firli: Maknai Hari Pancasila dengan Berantas Korupsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Jun 2020 15:17 WIB

Firli: Maknai Hari Pancasila dengan Berantas Korupsi

i

(Pimpinan KPK Alexander Marwata membacakan status dua tersangka korupsi Muara Enim). SP/KPK

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sebagai bentuk perayaan Hari Lahir Panasila, Ketua KPK, Firli Bahuri meminta kepada semua pimpinan baik pusat dan dearah untuk bergotong royong mencegah terjadinya korupsi.

Firli juga meminta Pancasila tak hanya sekadar dijadikan hafalan semata, namun harus diamalkan nilai-nilai luhurnya. Maka dari itu, Firli menegaskan bahwa, jika berani melakukan korupsi sama saja berani mengkhianati nilai-nilai dari setiap butir yang ada di dalam Pancasila.

Baca Juga: KPK Nilai Masalah Perizinan Masih Jadi Titik Rawan Korupsi, KAD Jatim dan KOK Gelar FGD

"Ingat, berani korupsi sama saja berani mengkhianati nilai-nilai dari setiap butir yang ada di dalam Pancasila," ujar Firli melalui keterangannya di Jakarta, Senin (1/6), dalam memperingati Hari Lahir Pancasila ke-75 pada 1 Juni 2020.

Baca Juga: Bahlil Dilaporkan Korupsi ke KPK, Bahlil Ganti Lapor Nama Baiknya Dirugikan

Ia menyatakan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta rakyat Indonesia merupakan nilai-nilai luhur yang digali dari budaya bangsa. "Pancasila tidak hanya dijadikan untuk hafalan semata, tetapi amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila. Selamat memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020," kata Firli Bahuri.

Menurut dia, hari lahir Pancasila perlu dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi yang seyogianya menjadi perhatian serius oleh kita semua karena korupsi jelas sangat menyalahi prinsip-prinsip dasar Pancasila.

Baca Juga: Sekjen DPR-RI, Diduga Tersangka Korupsi Rumah Jabatan Wakil Rakyat

"Hanya dengan mengamalkan sila-sila dari Pancasila, hunusan bilah pedang antikorupsi mampu melesak cepat, tertuju menusuk, dan mematikan detak jantung laten korupsi," ujar dia.

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU