•   Kamis, 12 Desember 2019
Peristiwa Nasional

Focus Nelayan, PPK Hentikan Kebijakan Pemboman Kapal

( words)
Edhy Prabowo


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta –Akhirnya terkuak kebijakan Menteri KKP yang direvisi oleh Menteri KKP Edhy Prabowo saat ini. Kebijakan tersebut terkait penenggelaman kapal.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menegaskan, kedepan tidak aka nada lagi penenggelalam kapal.

Pengumuman tersebut ia sampaikan saat mengunjungi pangkalan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (PSDKP), di jembatan II barelang batam, kepulauan Riau, Rabu (13/11).

“Tidak ada lagi penenggelaman kapal, saat ini kita lebih focuskan pada pembinaan terhadap nelayan kita,” ujar Edhy, Rabu (13/11)

Edhy mengatakan, kebijakan penenggelaman kapal merupakan terobosan yang baru dan bagus, hanya saja diakui Edhy, di masa kepemimpinannya ini ia akan memfokuskan pada pembinaan terhadap nelayan Indonesia.

“Arahan dari pak Presiden, kita harus menyejahterakan nelayan dan mengawal nelayan dalam melakukan penangkapan ikan di laut Indonesia,” kata Edhy.

Edhy juga menilai, selama ini nelayan di Indonesia merasa terintimidasi oleh pihak luar negeri meskipun mereka mencari ikan di wilayah teritori Indonesia.

Maka dari itu, focus utama KKP melalui PSDKP, selain mengawasi sumber daya kelautan dan perikanan, juga memberikan perlindungan dan pengamanan kepada nelayan Indonesia terhadap ancaman dari pihak luar.

“Saya berharap agar epsonel PSDKP tidak memusuhi nelayan kita, mereka saudara kita. Jadikan mereka mata dna telinga kita untuk melakukan pengawasan terhadap sumber daya kelautan dan perikanan yang ada,” ujar Edhy.

Meskipun begitu, edhy juga meminta kepada nelayan dari sabang hingga Merauke untuk tidka menangkap ikan dengan cara yang salah dan illegal. Serta selalu memperhatikan kelestarian ekosistem biota laut demi terjaganya populasi ikan di laut Indonesia.

“kalau ada nelayan kita yang melakukan penangkapan dengan cara yang salah, kami tidak segan – segan Menindaknya,’ tukas Edhy.

Berita Populer