•   Senin, 24 Februari 2020
PERISTIWA

Gajah Way Kambas Ditemukan Mati Akibat Perburuan Liar

( words)


SURABAYAPAGI.COM, LAMPUNG TIMUR - Seekor gajah liar Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berjenis kelamin betina, ditemukan mati di tengah hutan Senin sore kemarin (12/2/2018).

Dari keterangan Subakir Kepala Balai TNWK, kematian gajah tersebut, dipastikan akibat perburuan liar. Dari hasil identifikasi tim dokter hewan TNWK gajah betina tersebut, berusia 20 tahun dan mengalami luka tembak pada kepala dan dada sebanyak lima lubang.

Lokasi penemuan gajah itu berjarak cukup jauh mencapai 80 km dari Pusat Latihan Gajah Way Kambas. Lokasinya di Wilayah III SPTN Kualaphenet berbatasan dengan Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja Selebah. Penemuan gajah mati, oleh tim patroli rutin gabungan RPU dan Polhut.

Kematian gajah betina itu diperkirakan sudah dua hari. Kondisinya sudah mulai membusuk dan caling/gading serta gigi gajah hilang. Para pemburu biasanya mengambil barang itu untuk diperjualbelikan karena harganya mahal.

Saat ini pihaknya bersama kepolisian/WCS/RPU dan ERU terus melakukan penyelidikan. Disinyalir para pemburu masih berkeliaran di area TNWK untuk melakukan pemburuan hewan lainnya.
(sndo/cr)

Berita Populer