•   Jumat, 28 Februari 2020
JawaTimur

Gempa 5,0 SR Guncang Sumenep

( words)


SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 skala richter (SR) terjadi di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019), pukul 08.22 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, menyatakan titik koordinat episenter berada di 7,22 lintang selatan dan 114,56 bujur timur.

Pusat gempa terjadi di laut pada jarak 83 kilometer arah tenggara Kota Sumenep, Provinsi Jawa Timur, pada kedalaman 5 kilometer. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BMKG Kalianget, Usman Khalid.

Menurut Usman, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif. Kata dia, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan akibat deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik. Getarannya dirasakan hingga di Pulau Sapudi, Situbondo, Banyuwangi, Denpasar dan Singaraja.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," ujarnya.

Usman menyampaikan terjadi gempa susulan pada pukul 8.46 WIB sebanyak dua kali dengan kekuatan M 3,0 dan M 3,6. "Kepada masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya. (haz)

Berita Populer