•   Senin, 27 Januari 2020
Pilgub2018

GI-Puti Guntur, Siap Ayomi Para Janda

( words)
Gus Ipul-Puti Guntur Foto : SP/BYOB


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Selaku Bacagub pada Pilgub Jatim, Saifullah Yusuf menegaskan bahwa dirinya akan memberikan perhatian pada sektor kemiskinan apabila terpilih nanti. Khususnya, menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, program yang akan dioptimalkan adalah Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK).
Optimalisasi pada program tersebut dikarenakan masih banyak para wanita single parent yang menjadi Kepala Keluarga dan tulang punggung mata pencaharian. "Pemerintah akan hadir dalam persoalan yang menyangkut masalah dasar masyarakat," katanya.
"Berdasarkan data yang di Pemprov, jumlah janda atau wanita single parent setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini, antara lain, disebabkan karena meningkatnya jumlah perceraian, dengan berbagai alasan baik dari faktor ekonomi, kekerasan rumah tangga maupun lainnya," tambah pria yang juga masih menjabat sebagai Wagub Jatim tersebut.
Lebih lanjut, menurut Gus Ipul, program yang sudah berjalan saat ini tersebut membantu para wanita single parent atau janda untuk bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya. "“Para janda ini sengaja kami utamakan, karena sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan dan kesehatan anak-anak,” ujarnya.
Di sisi lain, Gus Ipul juga mengungkapkan bahwa program bantuan pada wanita single parent tersebut telah mendapat atensi dan apresiasi dari dunia internasional. Pemprov Jatim, dalam berbagai kesempatan telah diundang untuk melakukan presentasi pada event internasional.
"Meskipun, sekarang ini belum semua wanita single parent telah mendapatkan bantuan dari Pemprov Jatim. Namun, pengakuan dari internasional ini sangat membanggakan," jelas Cagub yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno tersebut.
“Semua janda atau ibu single parent ini harus mendapat perhatian dan bantuan dari semua pihak, bukan hanya Pemprov Jatim. Program bantuan seperti ini sejatinya juga merupakan perintah Alloh SWT, dan bentuk kepedulian serta upaya peningkatan kesejahteraan pada masyarakat,” pungkas Gus Ipul.
Selain sektor kemiskinan, Hikmah Bafaqih selaku Ketua Tim Sukses Pasangan Gus Ipul-Puti Guntur sebelumnya juga menyampaikan bahwa sektor riil akan menjadi fokus utama bagi Gus Ipul. Hal tersebut didasarkan Gus Ipul telah menjanjikan dalam berbagai kesempatan bahwa, apabila kelak dirinya terpilih maka ia akan sangat memperhatikan sektor riil agar tidak kalah dengan tekanan dari para pengusaha kakap.
"Pada saat pertemuan dengan 4.444 Nyai pada edisi Malang Raya kemarin misalnya. Beliau bahkan menegaskan akan menghentikan izin untuk toko waralaba franchise besar demi lebih mengembangkan sektor UMKM dan sektor riil lainnya," ujar pada kesempatan tersebut
"Itu untuk memberi kesempatan agar masyarakat bisa turut menikmati kemajuan ekonomi. Gus Ipul adalah bagian dari pemerintahan saat ini. Jadi, sudah tentu sangat paham terkait apa yang perlu dikembangkan," pungkasnya. ifw

Berita Populer