•   Selasa, 21 Januari 2020
Bisnis Makro

Gojek Sumbang Rp 2,2 Triliun ke Perekonomian Wilayah Metropolitan Surabaya

( words)
Wakil kepala LD FEB UI, Dr.Pakis C.K. Walandouw di Novotel Hotel & Resort Surabaya ( 24/05/2019).


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ( LD FEB UI ) memaparkan bahwa kontribusi mitra GOJEK kepada perekonomian Wilayah Metropolitan Surabaya di tahun 2018 mencapai Rp 2.2 triliun. Perhitungan kontribusi ekonomi berasal dari selisih pendapatan mitra GOJEK dari sebelum hingga setelah mereka bergabung. Empat mitra layanan GOJEK yaitu layanan roda dua GO-RIDE berkontribusi Rp 253 Milliar, roda - empat GO-CAR Menyumbang Rp 291 Milliar, GO FOOD Kontribusinya Rp 1.6 Trilliun dan GO LIFE ( GO CLEAN & GO MASSAGE ) Kontribusinya Rp 69 Milliar. secara nasional LD FEB UI mengungkap bahwa kontribusi mitra GOJEK ke perekonomian nasional mencapai Rp 44.2 triliun.
" Kontribusi yang semakin besar dari GOJEK menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya ke perekonomian daerah. GOJEK sebagai pemain utama industri teknologi di indonesia telah menunjukkan bagaimana inovasi teknologi dapat memperluas peluang penghasilan bagi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai latar belakang pendidikan dan usia" ungkap Wakil kepala LD FEB UI, Dr.Pakis C.K. Walandouw di Novotel Hotel & Resort Surabaya ( 24/05/2019). Acara kali ini juga dihadiri oleh Peneliti Adjuct LD FEB UI, Dr. Alfrida Primaldhi dan Ibu Vida Parady, MA.
Di wilayah yang terkenal dengan rawon dan soto Lamongannya, kontribusi mitra UMKM GO FOOD naik delapan kali lipat ditahun 2017.
Pakis menambahkan " pertumbuhan kontribusi mitra UMKM GO FOOD ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi GO JEK dan GO FOOD yang semakin gencar digunakan mitra UMKM. Temuan menarik lainnya adalah 70% mitra GO LIFE adalah perempuan, hal ini mampu meningkatkan partisipasi perempuan ke dalam ekonomi berbasis digital".
Selain itu GO LIFE mengalami peningkatan pendapatan yang signifikan dibanding sebelum bermitra dengan GOJEK, yaitu 80% berpengaruh pada kesejahteraan keluarga.
Melalui Riset yang dilakukan di beberapa Wilayah Indonesia termasuk Surabaya pada November 2018 - Januari 2019, bahwa mitra pengemudi memiliki tingkat keyakinan sebesar 95%. Dampak positif lainnya terhadap perekonomian Indonesia dan Surabaya diantaranya :
1. Gojek memberikan Kontribusi Positif pada Perekonomian Nasional sebesar Rp 44.2 Triliun per tahun.
2. Gojek memberikan kontribusi pada perekonomian Surabaya sebesar Rp 2.2 Triliun per tahun.
3. Gojek meningkatkan skala UMKM dan dorong wirausaha Digital di Surabaya dan menjadi pintu masuk pertama UMKM Surabaya.
4. Gojek membuka akses kepada berbagai lapisan masyarakat di Surabaya Masuk Ekonomi Digital dan Meningkatkan Inklusi Keuangan pada mitra GO LIFE sebesar 99%. noe

Berita Populer