Gresik Sabet 2 Penghargaan di HUT ke-75 Pemprov Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Okt 2020 15:12 WIB

Gresik Sabet 2 Penghargaan di HUT ke-75 Pemprov Jatim

i

Bupati Sambari menerima lencana Jer Basuki Mawa Beya dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Pemkab Gresik panen penghargaan di HUT ke-75 Pemprov Jawa Timur. Setidaknya ada dua penghargaan bergengsi yang diterima Bupati Dr Ir H Sambari Halim Radianto ST MSi dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Pertama, adalah penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya yang disematkan Gubernur Khofifah kepada Bupati Sambari pada upacara peringatan hari jadi pemprov di Halaman Gedung Grahadi Surabaya, Senin (12/10).

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

Menurut Gubernur Jatim seperti disampaikan Kabaghumas dan Protokol Setkab Gresik AM Reza Pahlevi, penghargaan itu diberikan atas dedikasi, tenaga, pikiran dan jiwa raga yang selama ini kepada masyarakat Kabupaten Gresik.

“Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya merupakan bagian dari kekuatan, persatuan hingga seluruh dedikasi, pengorbanan dan perjuangan bersama,” papar Reza.

Kedua, penghargaan yang berhasil disabet Gresik adalah sebagai daerah berpredikat Open Defecation Free (ODF). Penghargaan ini diberikan karena masyarakat Gresik sudah terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

Gubernur Khofifah menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Dr Sambari Halim Radianto pada resepsi penganugerahan dan silaturahmi yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu malam  (11/10).

Menurut Reza Pahlevi, penghargaan ini terbilang istimewa karena sebagai bentuk pengakuan bahwa derajat kesehatan masyarakat Gresik telah mengalami peningkatan.

Baca Juga: DPRD Setuju Dana Cadangan Bantu Korban Bencana Gempa Bawean

"Sebelumnya kita masih sering menjumpai masyarakat buang air sembarangan. Saat ini tiada lagi. Masyarakat Gresik sudah membiasakan diri untuk buang air di WC. Selain itu sarana sanitasi lain sudah semakin sehat termasuk mengelola makanan dalam rumah tangga serta pengelolaan limbah cair,” pungkas Reza, bangga. did

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU