•   Rabu, 22 Januari 2020
Peristiwa Politik

Habib Luthfi, Tokoh Islam Berpengaruh Dunia Sah jadi Wantimpres

( words)
Habib Luthfi bin Yahya.


SURABAYAPAGI.com, Sosok Habib Luthfi Bin Yahya adalah seorang ulama yang ditunjuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan (Wantimpres) periode 2019-2024. Habib Luthfi menjadi Wantimpres dari kalangan ulama yang dikenal kharismatik dan disegani oleh para elit politik.

Habib Luthfi, sapaan akrabnya, menjadi salah satu yang menempati urutan ke 37 dalam daftar ulama muslim berpengaruh yang dikeluarkan Pusat Studi Strategis Islami, Jordania.

Sebagai seorang ulama, nama Habib Luthfi juga lebih dikenal lantaran merupakan pengasuh atau Ra’is ’Am Jami’iyyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah (Jatman). Lewat jamaiyahnya itu, Habib Luthfi dikenal sebagai tokoh ulama yang mengajarkan model keislaman yang moderat dan toleran.

Komitmen Habib Luthfi dalam memelihara kesatuan dan persatuan terlihat dalam satu sambutannya dalam konferensi ulama tarekat internasional di Pekalongan, 2016. Dalam pidatonya ia menegaskan bela negara hukumnya wajib.

"Wahai bangsaku, relakah negeri kita ini terpecah belah? Jika tidak, ikuti kata-kata saya,bismillahirrahmaanirrahim, asyhadu anlaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah, radhiina billahi robba, wa bil islaami dina, wabi muhammadin nabiyya wa rasula. Kami berikrar, bela negara adalah wajib, bela negara adalah wajib, bela negara adalah wajib!"

Menurut Habib Luthfi, bela negara dan mencintai tanah air memiliki arti yang luas. Ia bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari lewat pendidikan, ekonomi, atau pertanian.

Untuk menyebarkan tarekatnya, ia mendirikan Mahasiswa Ahli Thoriqoh al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (MATAN). Satu organisasi tarekat yang disediakan untuk kelompok pelajar di kalangan mahasiswa.

Berita Populer