•   Sabtu, 25 Januari 2020
Bisnis Makro

Hanya 6 persen Bisnis yang Masuk Kategori Pemimpin Digital

( words)
President APJ Enterprise, Dell EMC, David Webster


SURABAYAPAGI.com - Riset terbaru Dell Technologies berjudul Dell Technologies (DT) Index II mengungkapkan, hanya 6 persen bisnis di Asia Pasifik, Jepang dan China yang masuk ke dalam kategori pemimpin digital.
Hal tersebut, sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kenyataan bahwa sebagian besar program transformasi digital yang dilaksanakan oleh berbagai bisnis masih berada di tahap awal.
Terkait dengan hal itu, President APJ Enterprise, Dell EMC, David Webster mengungkapkan saat ini para pelaku bisnis sudah mulai menyadari hal tersebut.
“Akan tetapi, jumlahnya saat ini tidak sebanyak yang diperkirakan – meski mereka menyadari risiko tinggi yang harus mereka hadapi,” ujar Webster dalam keterangan resmi Dell Technologies, Kamis (14/3/2019).
Dia menambahkan, dalam satu dekade ke depan setiap organisasi seharusnya sudah bertransformasi menjadi sebuah organisasi digital. Hal tersebut, lanjutnya, hanya bisa dicapai jika mereka mulai melakukannya dari sekarang.
Sebagai gambaran, riset Dell Technologies menyebutkan terdapat 3 kategori bisnis di era transformasi digital, yakni pemimpin digital, ketertinggalan digital, dan pengikut digital.
Adapun, di dalam riset dikatakan sebanyak 84 persen pemimpin bisnis di Asia Pasifik, Jepang, dan China mengakui bahwa transformasi digital di organisasi mereka harus dilakukan lebih menyeluruh.
Sementara itu, sebanyak 46 persen menyatakan diperkirakan kesulitan memenuhi permintaan pelanggan yang terus berubah dalam lima tahun ke depan. Sisanya, lebih dari sepertiga atau 35 persen pelaku bisnis khawatir akan tertinggal dalam persaingan untuk menjadi sebuah entitas digital.
Adapun, menurut data Dell Technologies (DT) Index pertama yang diluncurkan tahun 2016, dikatakan bahwa proses transformasi digital berjalan lambat karena sebagian besar organisasi di wilayah Asia Pasifik, Jepang, dan China masih harus menjalani proses panjang untuk menjadi pemimpin digital.
Meski pun persentase evaluator digital dan pengadopsi digital meningkat, akan tetapi persentase perusahaan yang dapat dikategorikan sebagai pemimpin digital hanya naik 1 persen.

Berita Populer