•   Selasa, 12 November 2019
Gas Dan Bumi

Harapan Jokowi untuk Blok Masela

( words)
Presiden Joko Widodo SP/MI


SURABAYAPAGI.com - Blok Masela yang digadang-gadang sebagai investasi terbesar setelah Freport ini menjadi harapan baru bagi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan perekonomian di eranya. Ada dua harapan yang di layangkan Jokowi.

Pertama, Jokowi dengan tegas mengatakan pengembangan proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela harus menyerap sumber daya manusia (SDM) lokal. Ia juga telah meminta kontraktor Blok Masela, Inpex Incorporation agar mayoritas menggunakan tenaga kerja lokal dan juga menggunakan lokal konten.

"Saya sudah sampaikan kemarin kepada Inpex, saya minta local content setinggi-tingginya, penggunaan tenaga kerja karyawan dari daerah lokal dan Indonesia juga sebanyak-banyaknya," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, mengutip Republika Jumat (19/7).

Presiden menyampaikan, pengembangan proyek Blok Masela ini akan dibahas lebih lanjut. Sebab, proyek ini merupakan investasi terbesar yang akan memberikan dampak ekonomi serta penyerapan tenaga kerja yang besar.

"Dari sisi dampak nantinya itu bisa ratusan ribu yang bekerja di sana apabila dikembangkan ke derivatif di bawahnya, petrochemical-petrochemical, ini yang saya sampaikan terus akan kita kawal," kata dia.

Kedua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela dapat mendorong lahirnya industri turunan. Salah satu industri turunan yang diharapkan bisa tercipta adalah petrokimia.

"Ini adalah sebuah investasi yang sejak kita merdeka, ini investasi yang paling besar dan dari sisi dampak nantinya itu bisa ratusan ribu yang bekerja di sana apabila dikembangkan ke derivatif di bawahnya seperti (industri-industri) petrokimia," kata Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Jumat (19/7).

"Ini yang saya sampaikan terus, akan kita kawal dan kita harapkan konstruksi bisa segera dimulai sehingga sesuai jadwal. Nanti tahun 2027 sudah bisa beroperasi dengan baik, dampak nanti ’’capital inflow’’, uang masuk, modal masuk ke Indonesia akan memberikan dampak juga ke ekonomi kita," tambah Presiden.

Presiden juga meminta agar Inpex sebagai pihak yang membangun kilang untuk menggunakan muatan lokal sebesar mungkin.

"Saya sudah sampaikan kemarin kepada Inpex, saya minta ’’local content’’ setinggi-tingginya, penggunaan tenaga kerja karyawan dari daerah lokal dan Indonesia juga sebanyak-banyaknya," tegas Presiden.

Berita Populer