•   Senin, 24 Februari 2020
Bisnis Makro

Harga Batubara Membaik, Dampak Baik pada Honda Motor

( words)


SURABAYAPAGI.com - Tak dapat dipungkiri jika Kalimantan menjadi salah satu wilayah penghasil batubara di Indonesia. Dan seiring dengan membaiknya harga batubara ternyata juga memberikan berkah bagi Astra Honda Motor (AHM).
Menurut Region Head HSO Balikpapan, Darma Wijaya, membaiknya harga komoditas termasuk batubara ikut mendongkrak penjualan sepeda motor di wilayah Balikpapan, Berau, Merlak dan Tanjung Selor (Kaltim dan Kaltara).
Tercatat sepanjang Januari hingga November, penjualan Honda tahun ini naik 11 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Tahun ini terhitung dari Januari hingga November penjualan mencapai 38 ribu unit.
"Tahun ini merupakan rebound atau titik balik dari kondisi tahun-tahun sebelumnya. Tiga tahun sebelumnya hingga tahun lalu, penjualan kami bisa dibilang menyusut karena kurang bagusnya harga komoditas. Nah begitu harga batubara, sawit naik, permintaan juga langsung meningkat dan tahun ini yang terbesar kenaikannya," kata Darma.
Menurutnya, kondisi perekonomian wilayah yang ditopang oleh komoditas memang memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan kendaraan bermotor. Bahkan saat harga komoditas termasuk batubara naik tak sedikit yang membeli dua hingga tiga motor.
Saat disinggung mengenai model yang paling diminati, menurut Darma saat ditemui di Berau Kalimantan Timur, saat ini masih dipegang duo skuter matik andalannya yakni Scoopy dan Honda Vario.
“Skuter matik (skutik) paling banyak diminati, porsi bisa mencapai 70 persen dari total penjualan kami. Setelah itu baru bebek. Sedangkan dari skutik ini yang banyak diminati itu Scoopy dan Vario. Scoopy karena memiliki tampilan yang khas (seperti retro),” kata Darma. v

Berita Populer