•   Selasa, 10 Desember 2019
Bisnis Makro

Harga Komuditas Bumbu Dapur di Jombang Alami Terus Merangkak Naik

( words)
Pedagang Bumbu Dapur Di Pasar Pon Jombang


SURABAYAPAGI.com, Jombang - Harga beberapa Komuditas bumbu dapur di Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan karena minimnya stok akibat cuaca buruk yang terjadi belakangan.

Pantauan di Pasar Pon Jombang, Komuditas bumbu dapur yang terus mengalami kenaikan harga diantaranya, bawang merah, bawang putih, serta tomat. Bawang merah yang sebelumnya Rp. 18 ribu per kg saat ini sudah mencapai 30 ribu per kg. Bawang putih, awalnya per kilo Rp. 16 ribu, saat ini sudah menyentuh harga Ro. 28 ribu per kg.

Ridwan (46) salah satu pedagang, naiknya harga komuditas bumbu dapur tersebut dikarenakan stok minim akibat cuaca buruk.

"Panen kurang maksimal, sedangkan kebutuhan terus meningkat, dan banyak tanaman yang rusak akibat cuaca buruk," Ujarnya saat ditemui di Pasar PON Jombang. Selasa 19 Maret 2019.

Ia menambahkan, Harga Tomat mengalami kenaikan paling tinggi hingga tiga kali lipat. Tomat kecil yanh sebelumnya, per kilo hanya Rp. 3 ribu kini menjadi Ro. 10 rb per kilo. Untuk tomat besar saat ini Harganya sudah mencapai Rp. 12 ribu perkilo. "Tomat besar yang sebelumnya hanya di Kisaran harga Rp. 4 Ribu juga ikut naik menjadi tiga kali lipatnya," Imbuhnya.

Hal senada Juga diutarakan Siti Maimunah (56) Dengan naiknya harga komoditas bumbu dapur tersebut secara otomatis juga berpengaruh terhadap omzet penjualan para pedagang. "Biasanya dalam satu hari untuk tomat habis sekitar 25 kilo namun saat ini hanya sekitar 9 sampai 10 kilo saja," Keluhnya. nur

Berita Populer